Kaki Bengkak Saat Hamil yang Bikin Minder

By Dini, Rabu, 15 Juni 2016 | 03:15 WIB
Kaki Bengkak Saat Hamil yang Bikin Minder (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Apakah Mama mulai berat melangkah, lebih mudah lelah, dan tak jarang mengalami pembengkakan kaki saat hamil

Mama enggak perlu khawatir. Kaki bengkak saat hamil bukan menandakan adanya suatu penyakit tertentu, kok, tapi lebih bersifat fisiologis. Peningkatan hormon progesteron yang menahan cairan tubuh 30% lebih banyak dari kondisi normal menjadi penyebabnya.

“Pada akhir kehamilan yaitu trimester 3, biasanya telapak dan pergelangan kaki akan membengkak sehingga ukuran kaki menjadi lebih besar 1―2 nomor. Tak perlu khawatir, kaki akan kembali ke ukuran normal setelah bersalin,” jelas dr. Selly Septiana, SpOG.

Senada dengan itu, dr. Yanuarso, SpOT mengatakan, perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil mengakibatkan elastisitas jaringan lunak pendukung sendi menjadi lebih elastis untuk persiapan mengakomodasi bayi saat akan keluar panggul secara alami. Akibatnya, dapat terjadi nyeri tulang belakang bawah (LBP), pinggang, lutut, dan telapak kaki.

Nah, salah satu cara mengatasinya adalah memilih alas kaki yang sesuai secara individu karena masing-masing kaki berbeda satu dengan lainnya. Selain itu, ketika kehamilan semakin besar, Mama akan mengalami hiperlordosis (tulang belakang melengkung ke depan menjauhi garis normal). Akan ada kompensasi dari tubuh Mama untuk bisa bertahan supaya tetap seimbang saat berdiri, duduk, berjalan, serta saat dari duduk mau berdiri.

Kompensasi yang dimaksud adalah tulang belakang lebih melengkung ke depan, sementara tubuh bagian atas (kepala, leher, dan pundak) secara otomatis akan condong ke belakang. Kondisi inilah yang membuat ibu hamil harus mengenakan sepatu ataupun sandal yang tepat supaya tidak menambah beban pada tulang dan otot. Plus, pilihan alas kaki yang kurang tepat dapat menghambat aliran darah dan meningkatkan risiko pembengkakan kaki.

Seperti apa alas kaki yang tepat untuk ibu hamil? Pada prinsipnya, memilih sepatu dan sandal yang baik adalah dengan mengutamakan kenyamanan. Saat ukuran kaki mulai membesar karena kehamilan, artinya Mama harus segera mengganti sepatu lama dengan sepatu baru yang ukur annya lebih besar.

Nah, jadi tak perlu khawatir ketika kaki bengkak saat hamil ya, Mam, karena kondisi tersebut akan kembali seperti sediakala.

Narasumber:dr. Selly Septiana, SpOG, RS Siaga Raya Pejaten, Jakarta Selatandr. Yanuarso, SpOT, Orthopaedi Sports Medicine and Arthroscopic Surgeon, Staf Bedah Orthopaedi dan Traumatologi RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta

(Ika Nurul Syifa)