Gara-gara Kasus Harian Tembus 1.000 Orang Setiap Harinya, Indonesia Disorot Media Asing Hingga Digadang-gadang Jadi ‘Hotspot’ Virus Corona di Dunia

By Ratnaningtyas Winahyu, Rabu, 24 Juni 2020 | 16:55 WIB
Ilustrasi virus corona (Pixabay.com)

Nakita.id – Wabah virus corona masih menjadi momok yang menakutkan bagi banyak negara di dunia.

Sayangnya, saat sebagian besar negara di Asia Tenggara telah berhasil meratakan kurva tingkat penularan virus corona, Indonesia justru sebaliknya.

Melihat jumlah korban positf corona terus meningkat tajam, Indonesia lantas disebut-sebut kewalahan dengan pertempuran melawan Covid-19.

Bahkan, media luar negeri, Sydney Morning Herald (SMH), menilai Indonesia akan menjadi hotspot virus corona berikutnya di dunia.

Baca Juga: Siap-siap Telan Pil Pahit, Meski Sudah Coba Segala Cara Ahli Ragu Indonesia Siap Masuki New Normal karena Perilaku Masyarakatnya Sendiri

Dilansir SMH via Kompas.com, Jumat (19/6/2020), selama 8 hari Indonesia telah mencatat lebih dari 1.000 kasus baru Covid-19.

Para ahli epidemiologi pun khawatir jumlah kasus di Indonesia dapat mencapai lebih dari 60.000 kasus (saat berita itu ditulis angkanya sudah mencapai 49.009 kasus).

Lalu, hal yang jauh lebih memprihatinkan adalah tingkat pengujian yang sangat rendah dan tingkat kematian yang tinggi secara proporsional.

Menurut situs Worldometers, Rusia menempati peringkat ke-18 dunia dalam melakukan tes dengan jumlah 107.445 tes per 1 juta orang.

Baca Juga: Bikin Syok, Kasus Positif Virus Corona di Jawa Timur Sudah Tembus 10 Ribu, Pemerintah Buru-buru Minta Masyarakat Waspadai Hal Ini