Cara Bedrest Yang Benar Untuk Ibu Hamil

By Gisela Niken, Senin, 13 Juni 2016 | 02:50 WIB
Cara Bedrest Yang Benar Untuk Ibu Hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Berbagai keadaan saat hamil mungkin membuat Mama dianjurkan untuk bedrest. Namun, beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa tidak selamanya bedrest baik untuk ibu hamil jika tidak dilakukan dengan tepat. Mama yang sedang hamil tetap harus aktif agar menjaga kebugaran tubuh. Berikut kiat bedrest yang benar untuk ibu hamil agar Mama tidak hanya sekedar istirahat, namun meningkatkan fisik dan kesehatan janin.Baca juga: Cara bedrest nyaman bagi ibu hamil

1.Membuat jadwalAda kalanya Mama harus mengatur waktu dan jadwal sehari-hari. Tidak selamanya bedrest hanya tidur saja di atas tempat tidur. Mama tetap memiliki jam bangun dan tidur yang sesuai dan jam makan yang tidak terlambat. Temukan aneka kegiatan yang tidak membuat Mama bosan. Asalkan kegiatan tersebut tidak banyak menguras kegiatan fisik, pastinya sangat baik untuk membuat Mama tetap dalam mood yang baik.

2. Melakukan sesuatu dengan tanganHanya tidur sambil menonton TV atau film mungkin menjadi hal yang sangat membosankan ya, Mam. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah mencari kegiatan yang melibatkan tangan. Mama bisa meraut atau menulis catatan. Kegiatan sederhana ini akan membantu Mama tidak hanya melakukan hal yang monoton dan dapat meningkatkan mood Mama.Baca juga: Adakah manfaat bedrest saat hamil?

3. Bertemu dengan orang lainSalah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan adalah bertemu dengan orang lain. Jangan sampai bedrest mengurangi waktu Mama berkomunikasi dengan orang lain. Cobalah meminta teman untuk datang menemani. Meminta Papa untuk sering menemani saat bedrest akan mengurangi depresi dan dapat pula mengurangi risiko komplikasi kehamilan serta kelahiran prematur.

4. Lakukan apa yang membuat bahagiaJangan biarkan bedrest menahan apa yang membuat Mama bahagia. Lakukan kegiatan menyenangkan seperti merawat wajah dan tubuh ataupun hal kecil yang bisa dilakukan oleh pasangan seperti memijat punggung. Bedrest akan semakin berdampak pada kesehatan Mama jika diikuti dengan rasa bahagia dan santai.Baca juga: Bedrest bagi ibu berpenyakit jantung

5. Ungkapkan apa yang jadi pikiran MamaSalah satu cara bedrest yang benar untuk ibu hamil adalah tidak memikirkan banyak hal yang mengganggu. Ketakutan dan kekhawatiran justru membuat bedrest tidak bermanfaat untuk kesehatan. Bicarakan dengan dokter atau keluarga mengenai apa yang Mama rasakan. Lebih baik tanyakan pada dokter apa yang jadi keluhan ataupun ketakutan selama kehamilan. Bedrest tidak hanya soal fisik tapi bagaimana Mama dapat mengelola pikiran.

(Niken/She Knows)