Harapan Hidup Bayi Prematur Berdasar Usia Kehamilan

By Dini Felicitas, Rabu, 27 Juli 2016 | 07:10 WIB
Harapan Hidup Bayi Prematur Berdasar Usia Kehamilan (Dini)

Tabloid-Nakita.com - World Health Organization (WHO) menyebutkan, bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu, dihitung dari periode haid terakhir, disebut kelahiran prematur. Kebanyakan bayi prematur lahir pada usia kehamilan rentang usia 34—36 minggu.

Kabar baiknya, kemampuan untuk bertahap hidup bayi prematur yang lahir di usia kehamilan ini lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir pada usia kehamilan < 34 minggu. Sementara bayi yang lahir di bawah usia kehamilan 34 minggu, yang berat badannya di bawah 1.500 g, kemampuan beradaptasi terbatas, kematangan organnya lebih rendah, dan kemampuan untuk bertahan hidup juga rendah.

Sebenarnya, bagaimana harapan hidup bayi prematur berdasarkan usia kelahirannya?

Kebanyakan dokter memperkirakan kelangsungan hidup bayi prematur adalah sekitar 24 minggu usia kehamilan. Di kebanyakan rumah sakit, 24 minggu adalah titik batas ketika dokter akan menggunakan intervensi medis intensif dalam upaya menyelamatkan hidup bayi yang lahir prematur. Bayi yang lahir di usia kehamilan 24 minggu secara umum membutuhkan banyak intervensi medis, di antaranya ventilasi mekanis dan perawatan invasif lain, termasuk perawatan di neonatal intensive care unit (NICU).

Namun di tangan para dokter spesialis berpengalaman, bayi yang lahir lebih awal kemungkinan punya peluang bertahan hidup. Bayi yang lahir pada kehamilan 23 minggu memiliki harapan hidup di bawah pengawasan para spesialis ini, tetapi kemungkinannya memang lebih kecil. Kasus bayi prematur termuda yang tercatat mampu bertahan hidup adalah di usia kehamilan 21 minggu 6 hari, sehingga banyak media menyebutnya sebagai suatu "keajaiban". Kemampuan bertahan hidup bayi prematur meningkat ketika kehamilan terus berkembang. Bahkan tambahan seminggu di dalam rahim pun bisa membuat perbedaan besar. Namun secara umum, bayi prematur yang lahir mendekati usia 37 minggu akan lebih baik daripada bayi prematur yang lahir sebelum 28 minggu.

Peluang untuk bertahan hidup bayi prematur tergantung pada tingkat prematuritas dan berat lahir bayi. Kehamilan dikatakan cukup bulan jika berakhir antara 37-42 minggu. Dua pertiga bayi yang lahir pada usia kehamilan 24 minggu yang dirawat di NICU umumnya akan mampu bertahan. Sebanyak 98 persen bayi yang lahir di usia kehamilan 30 minggu juga akan bertahan hidup. Berikut harapan hidup bayi prematur menurut data dari March of Dimes, Quint Boenker Preemie Survival Foundation: Usia Kehamilan/ Harapan Hidup 23 minggu/ 17% 24 minggu/ 39% 25 minggu/ 50% 26 minggu/ 80% 27 minggu/ 90% 28-31 minggu/ 90-95% 32-33 minggu/ 95% 34+ minggu/ Hampir sama peluangnya dengan bayi cukup bulan (Tabloid Nakita/Better Health/VeryWell)