5 Jenis Vitamin Penting Agar Bayi Sehat

By Gisela Niken, Jumat, 22 Juli 2016 | 02:45 WIB
5 Jenis Vitamin Penting Agar Bayi Sehat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Apakah bayi membuuthkan vitamin? Tentu saja mereka butuh. Vitamin penting untuk bayi harus ada di dalam makanan yang mereka konsumsi. Bayi di atas 6 bulan sudah mengenalkan makanan padat. Untuk itu, Mama perlu memastikan nutrisinya cukup agar nutrisi tetap penuh sama seperti yang didapat dari ASI. Berikut jenis vitamin penting untuk bayi yang perlu Mama ketahui.Baca juga: Vitamin tak perbaiki nafsu makan anak

1.Vitamin DSumber utama vitamin D adalah sinar matahari. Untuk itu, penting bayi bayi untuk dijemur setiap pagi. Makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan dan telur harus masuk ke dalam menu MPASI si kecil. Beberapa jenis sereal atau bubur bayi memang sudah cukup mengandung vitamin D. Vitamin D sangat penting apalagi bayi yang sudah disapih dari ASI atau susu formula.

2.Vitamin ABanyak makanan alami dan sehat yang mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sayuran seperti wortel, ubi jalar, mangga dan sayuran hijau dapat Mama berikan untuk memenuhi asupan vitamin A. Si kecil akan memiliki fungsi mata yang baik, kulit yang sehat serta sistem kekebalan tubuh yang kuat.Baca juga: Adakah produk vitamin yang bikin anak cerdas?

3.Vitamin CVitamin C ada di dalam aneka jenis buah. Jeruk, strawberry dan kiwi menjadi sumber vitamin C terbesar. Jenis vitamin ini ada pada sayuran juga. Mama bisa membuat MPASI dengan campuran tomat, paprika dan brokoli. Jenis vitamin ini ada pada aneka makanan alami. Si kecil pun akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

4.Zat besiJenis vitamin ini dapat membantu cegah perkembangan yang telat, masalah perilaku hingga beberapa penyakit fisik. Biasanya bayi mendapatkan zat besi yang cukup dari ASI atau susu formula. Untuk itu, Mama bisa memberinya daging tanpa lemak untuk memenuhi kebutuhan zat gizi dalam tubuh. Daging unggas atau sapi bisa Mama masukkan ke dalam tambahan MPASI.Baca juga: Vitamin dapat meningkatkan nafsu makan anak?

5.Omega 3Asam lemak ini sangat penting dan baik untuk perkembangan otak dan mata. Jadi, jangan lewatkan jenis vitamin penting untuk bayi ini ke menu MPASI bayi. Bayi mendapatkan nutrisi ini dari ASI atau susu formula. Mama bisa menggantinya dengan aneka sayuran hijau dan ikan seperti salmon. Saat menyajikan ikan, pastikan ikan dimasak matang dengan sempurna. (Niken/New Kids Center)