Ajak Bayi Agar Bisa Cepat Merangkak Dengan Cara Ini

By Gisela Niken, Rabu, 20 Juli 2016 | 03:15 WIB
Ajak Bayi Agar Bisa Cepat Merangkak Dengan Cara Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Merangkak jadi salah satu perkembangan yang penting dijalani bayi sebelum masuk ke fase berjalan. Menginjak usia 6 bulan, bayi akan mulai mengangkat tubuhnya dengan tangan dan lututnya. Di saat inilah Mama perlu membantu agar bayi bisa cepat merangkak. Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa bayi dapatkan dari merangkak.Baca juga: Kapan bayi mulai merangkak?

Meskipun tidak seluruh fase berjalan dimulai dengan merangkak, ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh bayi. Merangkak dapat memperkuat kaki bayi sehingga ia bisa dapat lebih stabil dalam berjalan. Selain itu, merangkak memberikan stimulus kepada otak untuk meningkatkan koordinasi tubuhnya. Hal ini dapat meningkatkan kemampuannya untuk belajar di kemudian hari.

Untuk membantunya agar bisa merangkak, si kecil memang butuh sedikit dorongan. Cara paling mudah untuk membantunya adalah membiarkan ia sering dalam posisi tengkurap. Sebelum merangkak, anak membutuhkan waktu dan keterampilan yang diawali dengan tengkurap. Pastikan si kecil sudah bisa mengangkat kepalanya agar ia tetap bisa bernapas.Baca juga: Bila bayi belum bisa merangkak

Siapkan mainan yang dapat bergerak seperti mobil-mobilan atau bola. Biarkan ia bermain sambil tengkurap. Hal ini akan membuat kaki dan ototnya bergerak sehingga otot-ototnya akan terlatih dan semakin kuat hingga akhirnya siap untuk mengangkat tubuhnya dengan kaki tangannya. Cermin juga bisa menjadi stimulus karena ia akan senang untuk berjalan ke arah wajahnya.

Ketika bayi mulai tidur tengkurap, mungkin sulit baginya untuk menggerakan badan. Bantu si kecil dengan menaruh handuk mandi di bawah perut agar membuatnya sedikit licin. Hal ini akan membuatnya lebih mudah bergerak sehingga ia lebih termotivasi untuk bergerak lebih. Mama juga bisa langsung membantunya dengan meletakkan tangan di kakinya dan mendorongnya untuk maju.Baca juga: Cemas karena bayi belum merangkak malah ngesot?

Kunci utama agar bayi bisa cepat merangkak adalah dukungan dari Mama dan Papa. Jangan merasa gagal jika ia tak kunjung menunjukkan tanda bisa merangkak. Mama dan Papa tetap harus menghargai proses yang ia lakukan dan memberinya semangat untuk berusaha. Biasanya bayi membutuhkan 2 hingga 3 bulan untuk belajar. Jaga terus si kecil karena hal di sekitarnya mungkin dapat membuatnya celaka saat mencoba merangkak.(Niken/Pregnancy and Baby)