Ini Alasannya Mengapa Dads Bisa Ikut Mual Muntah Saat Moms Hamil

By Fita Nofiana, Rabu, 3 Januari 2018 | 14:37 WIB
()

Nakita. id - Saat hamil, umumnya Moms yang akan menginginkan bermacam-macam hal yang membuat Dads kewalahan. 

Tapi laki-laki juga mungkin mengalami 'ngidam' saat istrinya sedang mengandung, bahkan hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. 

BACA JUGA: Donita Mengaku Pernah Diet Saat Hamil Tua, Bolehkah Diet Saat Hamil?

Jika hak itu terjadi, sangat mungkin jika Dads sedang mengalami sindrom yang biasa disebut dengan Sindrom Couvade. 

Sindrom Couvade atau Kehamilan simpatik ini ditandai dengan gejala mirip dengan apa yang di alami sang istri saat mengandung. 

Tak hanya 'ngidam', laki-laki yang terkena sindrom ini juga kan mengalami berbagai gejala seperti susah buang air besar, perut kram, mual, sakit kepala, mood yang tak menentu, bahkan morning sickness

Sebuah penelitian dari St. George’s University, London, Inggris menyatakan bahwa  ada fenomena atau kondisi yang disebut kehamilan simpatik dan cukup banyak pria mengalami hal tersebut saat pasangan mereka hamil.

BACA JUGA: 7 Makanan Ini Dapat Membantu Moms Cepat Hamil, Nomor 6 Enggak Nyangka

Dengan meneliti lebih 282 laki-laki yang memiliki pasangan sedang hamil, menghasilkan bahwa kebanyakan laki-laki tersebut selalu mengalami kram perut. 

Tak hanya itu, mereka terkadang juga menginginkan banyak hal, hingga mengalami mual dan mmuntah pada trimester pertama hingga ketiga. 

Tak hanya itu, tak sedikit loh Dads yang perutnya ikut sedikit buncit saat istrinya mengandung yang disebut dengan pseudocyesis.

BACA JUGA: Ibu Hamil Lakukan 6 Hal Ini Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan