Mencegah Infeksi Tali Pusat pada Bayi

By Dini, Kamis, 14 Juli 2016 | 04:00 WIB
Mencegah Infeksi Tali Pusat pada Bayi (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Meski jarang terjadi pada bayi, Mama perlu mengetahui gejala infeksi tali pusat pada bayi yang biasa disebut omphalitis. Omphalitis biasanya menyerang pada hari dan minggu awal setelah melahirkan. Biasanya infeksi ini tidak muncul setelah sebulan si kecil lahir. Infeksi biasanya dimulai dengan tanda-tanda kemerahan dan keluar nanah setelah 3 hingga 9 hari  si kecil lahir. Untuk itu, Mama perlu peka terhadap gejala yang muncul pada bayi.

Baca: Merawat tali pusat bayi baru lahir

Penyebab utama dari infeksi tali pusat ini sebenarnya ialah bakteri. Begitu lahir dan tali pusat dipotong, ada kemungkinan ia terpapar bakteri sehingga muncul ketika beberapa hari kemudian. Rumah sakit yang tidak steril dapat menyebabkan terjadinya infeksi ini. Bisa juga karena perawatan tali pusat yang tidak higienis. Mama dan Papa juga bisa mendapati gejala terjadinya infeksi ini dengan melihat kondisi pusar anak.

Infeksi pada tali pusat bayi baru lahir ditandai dengan kulit kemerahan dan bernanah. Untuk itulah kita perlu tahu cara sederhana untuk mencegah infeksi tali pusat:

Baca: Gejala Infeksi Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir

■  Biasakan selalu mencuci tangan sebelum memegang atau membersihkan tali pusat. ■  Bersihkan tali pusat menggunakan larutan antiseptik (contoh, klorheksidin atau iodium  povidon  2,5%) dengan kain kasa yang bersih setiap kali sehabis bayi mandi atau bila tali pusat basah karena bayi mengompol, misalnya. ■  Jangan lupa bersihkan juga daerah di sekeliling tali pusat. ■  Rutinitas membersihkan tali pusat ini bisa dihentikan setelah luka tali pusat itu telah kering. ■  Setelah tidak ada luka, kita tinggal menunggu tali pusat itu untuk puput dengan sendirinya, umumnya pada hari ke-15 setelah bayi lahir.

Mencegah infeksi tali pusat pada bayi tentu lebih baik daripada mengobati saat infeksi telah terjadi, ya kan?

(Hilman Hilmansyah)