5 Hal Penting Saat Merawat Bayi Baru Lahir

By Gisela Niken, Senin, 11 Juli 2016 | 22:45 WIB
5 Hal Penting Saat Merawat Bayi Baru Lahir (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Merawat bayi baru lahir menjadi tantangan yang dialami oleh banyak Mama khususnya Mama baru. Banyak hal yang mungkin Mama tak mengerti seperti wajah bayi yang terlihat agak aneh. Untuk itu, Mama perlu mengetahui hal-hal penting dalam merawat bayi baru lahir berikut ini.Baca juga: 5 kemampuan bayi baru lahir

1.Kepala dan wajah terlihat agak lucuSaat baru lahir Mama mungkin bingung melihat kepala bayi yang agak peyang dan rambut yang tidak tumbuh merata. Hal ini mungkin disebabkan oleh sempitnya jalan lahir sehingga kepala mengikuti bentuk. Namun, Mama tak perlu khawatir sebab wajah bayi akan berubah menjadi normal dan proposional seiring berjalannya waktu.

2.Bayi tidak membalas respons sampai berusia 6 mingguMama tak perlu khawatir jika si kecil tidak membalas stimulus yang Mama berikan. Jangan berharap ia dapat tersenyum atau mengeluarkan suara hingga ia berusia 6 bulan. Namun, bukan berati Mama tidak dapat berkomunikasi dengan bayi. Mama tetap perlu memberikan sentuhan dan bicara dengannya agar ia terbiasa dengan stimulus yang Mama berikan.Baca juga: Semua bayi baru lahir cenderung kuning

3.Tetap menjaga tali pusat tetap kering

Jika tali pusat dalam keadaan kering, ia akan jatuh dalam waktu dua miggu. Artinya, tali pusat harus tetap terjaga. Mama bisa memandikan si kecil dengan wash lap atau spons agar tetap kering. Mama juga tak perlu khawatir jika terjadi pendarahan ringan sebab hal tersebut adalah normal. Mama perlu khawatir jika di sekitar tali pusat terdapat iritasi kulit dan ruam.

4.Ia akan memberi tanda jika sudah cukup kenyangBayi baru lahir memang perlu mendapatkan ASI atau susu formula setiap 2 hingga 3 jam. Namun, sulit bagi Mama untuk mengetahui apakah makanan yang ia dapatkan sudah cukup atau belum. Pada bulan pertama, bayi memang sedikit mengalami penurunan berat badan. Maka ukuran kecukupan makanan bisa dilihat dari seberapa sering Mama mengganti popok. Pada lima hari pertama mungkin si kecil tidak rutin pipis dan pup, namun setelahnya Mama akan mengganti 5 hingga 6 popok setiap hari.Baca juga: Kok bayi baru lahir banyak tidur?

5.Kulit kering merupakan kondisi normal bagi bayi baru lahirHal ini disebabkan oleh perubahan kondisi bayi dari yang di dalam cairan selama dalam kandungan menjadi terkena udara saat lahir. Maka dari itu, kulit bayi akan menjadi kering. Mama tak perlu panik dalam merawat bayi baru lahir dengan kondisi kulit kering. Jika sudah berhasil adaptasi, bayi akan kembali lembut dan halus. Mama perlu memberinya lotion bayi jika muncul ruam dan jerawat. (Niken/Parents)