Ini Aturan Penggunaan Bedak Bayi Agar Tak Timbulkan Iritasi dan Bahaya

By Puri, Jumat, 5 Januari 2018 | 10:11 WIB
Aturan penggunaan bedak bayi ()

Nakita.id - Aroma bedak tabur yang harum membuat banyak orangtua senang menggunakannya pada tubuh bayi.

Akan tetapi, beberapa pakar justru menyarankan jika penggunaan bedak tabuk pada bayi sebaiknya lebih hati-hati.

Seorang dokter anak, Jennifer Shu menyarankan agar para ibu lebih cermat saat memakaikan bedak tabur kepada bayi, karena partikel pada bedak tubuh sangat halus dan berbahaya jika sampai terhirup oleh bayi.

BACA JUGA : Bayi Ini Dikabarkan Jadi Sandera, Ini Kata Pihak Rumah Sakit di Depok

Umumnya orangtua memakaikan  bedak tabur pada bayi untuk mengurangi gatal akibat biang keringat atau digunakan pada lipatan-lipatan kulit untuk menghindari adanya gesekan kulit.

Namun, Jo Ann Rhyans mengatakan bahwa saat ini sebagian besar popok bayi sekali pakai sudah memiliki daya serap yang tinggi sehingga tak akan membuat kulit bayi lembap, salah satunya caranya adalah dengan lebih sering mengganti popok untuk membantu menjaga kekeringan kulitnya.Bahkan, menurut Rhyans, American Academy of Pediatrics juga memberi perhatian khusus pada penggunaan bedak tabur pada bayi. "Bedak tabur bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan kerusakan serius pada paru jika terhirup bayi," kata Rhyans.

BACA JUGA : Duh! Ini 5 Efek Samping Alat Kontrasepsi Spiral yang Jarang Diungkap

Lagipula, menurutnya belum ada bukti kalau bedak tabur bisa mengatasi atau mencegah ruam popok. "Cara terbaik untuk mencegah ruam adalah dengan membersihkan dan mengeringkan pantat bayi setiap kali mengganti popok. Sebaiknya gunakan krim untuk mencegah gesekan kulit," katanya.Meski begitu, menurut Shu bedak tabur yang terbuat dari tepung jagung relatif lebih aman. Tetapi ia tidak menyarankan penggunaan bedak tabur jenis ini jika bayi sedang ruam popok atau menunjukkan tanda infeksi kulit.

BACA JUGA: Heboh! Seorang Bayi Lahir dengan Memegang Alat Kontrasepsi Milik Ibunya, ini Fakta yang Terjadi  

"Jika kulitnya tampak merah dan hangat saat disentuh, jangan berikan bedak tabur karena bisa membuatnya tambah iritasi," katanya.

Selain itu, setiap kali mandi bersihkan area lipatan kulit anak dengan seksama, terutama jika ibu sudah memakaikan bedak tabur pada bayi, tujuannya adalah untuk mencegah bedak menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Kondisi ini justru bisa membuatnya jadi tempat kuman berkembang biak.