Ini Rahasianya Membuat Bayi Tidur Nyenyak dengan Mudah

By Gisela Niken, Senin, 4 Juli 2016 | 23:40 WIB
Ini Rahasianya Membuat Bayi Tidur Nyenyak dengan Mudah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tidur menjadi masalah yang umum terjadi pada bayi. Mama perlu melatih si kecil untuk tidur dengan mudah sejak dini. Kualitas tidur yang baik akan membuatnya selalu sehat dan juga otaknya berkembang dengan baik. Berikut beberapa cara yang akan membuat bayi tidur nyenyak dengan mudah dan cepat.Baca juga: Mengapa bayi perlu tidur lelap?

Jam tidur menjadi kunci dalam tidur. Untuk itu, Mama perlu memilih jam tidur yang memang sesuai dengan kebutuhan tidurnya. Para ahli merekomendasikan waktu tidur bayi sekitar pukul 7 hingga 8 malam. Terlalu larut akan membuat anak terlalu lelah, rewel dan gelisah. Waktu lelah yang tepat akan anak memahami rasa ngantuknya dan tertidur sendiri.

Setelah memilih jadwal tidur bayi, ada baiknya Mama melakukannya secara konsisten. Jangan mengubah waktu tidur setiap harinya. Bayi membutuhkan jadwal konsisten untuk mengetahui rasa ngantuk. Selain itu, jadwal konsisten juga membuat bayi memahami perbedaan waktu malam dan siang.Baca juga: Kiat membuat bayi tidur lelap tanpa digendong dan disusui

Salah satu cara membuat bayi mudah mengetahui waktunya tidur adalah membuat rutinitas tidur. Hal ini akan memberikan stimulus pada bayi bahwa ini adalah waktu tidur baginya. Banyak rutinitas tidur yang bisa Mama lakukan seperti mengganti pakaian hangat, membacakan cerita, mematikan lampu dan memutar musik. Konsistensi rutinitas tidur ini akan membuat si kecil mudah terlelap.Baca juga: Tip membuat bayi tidur lelap di mana saja

Mama juga perlu membiarkan si kecil mengetahui rasa kantuknya sebagai cara membuat bayi tidur nyenyak. Menjelang waktu tidur letakkan si kecil di tempat tidurnya. Jangan terbiasa menggendongnya sebelum tidur karena hal ini membuat si kecil tidak mengenal rasa kantuknya. Begitu pula dengan makanan, hindari menyusui dan memberinya makanan sebelum tidur. Saat ia menangis, lebih baik Mama mengusapnya daripada memberinya makanan.(Niken/Baby Center)