Moms Perlu Tahu, Bunyi Napas Bayi Tunjukkan Kondisi Kesehatannya

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 7 Januari 2018 | 22:01 WIB
Bunyi napas bayi di saat tidur perlu dipantau untuk memastikan kondisi kesehatannya. ()

Nakita.id- Moms pernah dengar bayinya bernapas grok..grok..grok..? Berbahagialah Moms, karena Si Kecil sedang membersihkan saluran pernapasannya untuk menangkal infeksi kuman/virus dari dalam tubuh bayi.

Dengan kata lain, napas bayi berbunyi grok grok adalah normal, menjadi indikasi kesehatan pernapasan.

Napas bayi grok grok kerap terdengar saat bayi tertidur atau bahkan beraktivitas, seolah salurannya terhambat sesuatu.

BACA JUGA: Moms Ini cara Sederhana Agar Anak Tumbuh Tinggi, Tak Usah Repot!

Ya, bunyi napas bayi grok grok tersebut memang pertanda saluran napas bayi terhambat lendir, yaitu sebuah cairan kental berasal dari paru-paru.

Biasanya suara tersebut terjadi karena sekresi lendir bayi berlebihan.Pada bayi yang berbakat alergi produksi lendir akan meningkat.

Memang bisa juga suara grok grok pada napas bayi tersebut karena adanya infeksi virus flu, sehingga organ paru memproduksi lendir banyak untuk mengeluarkan si virus.

Jadi lendir yang menimbulkan napas bayi grok grok pada napas bayi tersebut tidakmelulu harus dikhawatirkan.

Bahkan, keberadaan lendir tersebut sangat bermanfaat membersihkan saluran pernapasan dan menangkal infeksi kuman/virus dari dalam tubuh bayi.

Asal tahu saja, pada bayi normal bunyi grok grok karena adanya lendir di saluran pernapasan akan terus terdengar hingga bayi berusia 6 bulan.

BACA JUGA: Perempuan Aborsi dan Buang Bayi Laki-lakinya di Tong Sampah Pesawat

Biasanya, bunyi grok grok ini akan hilang di rentang usia 6 bulan atau satu tahun.Jika lebih dari itu, orangtua musti curiga bayi mengidap asma, yang biasanya baru terdeteksi di kemudian hari.