Menyusui Sebelah Payudara Saja, Normalkah?

By Gisela Niken, Senin, 20 Juni 2016 | 00:40 WIB
Menyusui Sebelah Payudara Saja, Normalkah? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Beberapa Mama mungkin merasa nyaman jika menyusui hanya sebelah payudara saja. Posisi yang nyaman bagi Mama atau si kecil lebih mudah di posisi sebelah sisi saja membuat kebiasaan. Tetapi pada dasarnya, tidak ada masalah yang cukup serius jika menyusui sebelah payudara saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu Mama lakukan untuk menghadapi kebiasaan ini.Baca juga: Ini masalah payudara saat menyusui

Ada banyak penyebab mengapa si kecil senang menyusui sebelah payudara saja. Saat menyusui mungkin ia mengalami hidung tersumbat atau infeksi telinga karena posisi yang kurang nyaman.  Selain itu, payudara juga bisa saja memiliki kualitas ASI yang berbeda sehingga bayi lebih menyukai salah satu payudara saja. Dalam hal ini Mama perlu mendapatkan bantuan dari dokter.

Produksi payudara setiap sisi juga bisa berbeda. Apalagi, jika si kecil semakin tua pasokan susu mungkin saja berkurang di sebelah sisi. Anak yang berusia semakin tua juga memiliki posisi yang berbeda sehingga Mama harus menyesuaikan posisi yang memang memudahkannya. Bertumbuhnya badan anak pasti mengubah posisi yang nyaman untuk anak.Baca juga: Mengenal langkah menyusui yang benar

Untuk itu, Mama perlu membiasakan si kecil untuk menyusui di dua sisi payudara sebelum menginjak usia 6 minggu. Hal ini berfungsi untuk mempertahankan pasokan susu yang sama di kedua sisi. Payudara yang jarang digunakan akan memiliki produksi yang rendah. Mama juga bisa memerah ASI untuk menjaga produksi ASI dan mengurangi rasa nyeri. Sebab, payudara yang tidak terbiasa digunakan untuk menyusui akan lebih mudah terasa nyeri.

Saat menyusui cobalah menggunakan posisi yang sama di kedua sisi agar anak belajar menemukan payudara baik di sebelah kanan maupun kiri. Atau Mama juga bisa menggunakan posisi yang berbeda di setiap payudara. Hal ini akan membuat Mama menemukan posisi yang nyaman di setiap sisi sehingga dapat menyusui dengan sisi yang bergantian dan tetap membuat anak nyaman.Baca juga: Puting mendelep membuat bayi sulit menyusu, benarkah?

Salah satu dampak yang akan Mama rasakan tentu payudara akan memiliki ukuran yang berbeda sebelah.  Payudara akan secara alami mengalami perubahan setelah 6 hingga 9 bulan anak lahir. Setelah 15 bulan menyusui, barulah payudara akan kembali ke ukuran aslinya. Untuk itu, akan terlihat perbedaan ukuran jika Mama hanya menyusui sebelah sisi payudara saja. Maka, Mama perlu mencoba tidak menyusui sebelah payudara saja. Meski diawali dengan rasa nyeri, hal ini tetap perlu dicoba lo.(Niken/Baby Center)