Oh, Ternyata Sistem Imun Tubuh Si Kecil Sangat Dipengaruhi Kesehatan Saluran Cerna

By Nana Triana, Jumat, 28 Agustus 2020 | 12:33 WIB
Ilustrasi Si Kecil sedang senang bermain gelembung air. (DOK. Shutterstock.com)

Nakita.id - Kekhawatiran orangtua pada anak di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, memang tak bisa dihindari. Sebab, mereka harus memastikan anak-anaknya sehat serta terhindar dari serangan virus.

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga Si Kecil agar terhindar dari berbagai serangan penyakit adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit.

Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Tapi, tahukah Moms, imunitas tubuh sangat dipengaruhi oleh saluran pencernaan?  Pasalnya, 70 hingga 80 persen sel yang berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh terdapat di saluran pencernaan.

“70 sampai 80 persen perkembangan sel imun sangat dipengaruhi oleh keseimbangan mikrobiota saluran cerna. Jadi semakin sehat saluran pencernaannya, maka daya tahan tubuh pun akan semakin baik,” jelas dokter anak spesialis gastroenterologi Ariani Dewi Widodo, Sp.A, seperti dilansir dari Gridhealth.id, (20/7/2020).

Baca Juga: Nastusha Disebut Punya Daya Tahan Tubuh Kuat, Chelsea Olivia Bagikan Rahasia Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Pada anak-anak, sistem pencernaan bahkan menjadi fondasi utama dari tumbuh kembang yang optimal. Itu sebabnya, penting bagi orangtua tak hanya sekadar memperhatikan asupan nutrisi pada makanan anak, tapi juga memperhatikan kesehatan pencernaan anak.

Konsumsi makanan yang mengandung prebiotik

Ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Salah satu di antaranya adalah menjaga keseimbangan mikroba di dalam pencernaan.

Moms dapat mencukupi kebutuhan makanan tinggi serat yang mengandung probiotik dan kolin seperti ikan, susu, telur, kedelai, buah, serta sayuran untuk anak.

Probiotik merupakan bakteri baik yang berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan, serta mendukung penyerapan nutrisi dan pembentukan sistem imun tubuh.

Nah, untuk mendapatkan beragam informasi dan edukasi seputar kesehatan pencernaan Si Kecil, Moms bisa mengikuti kuliah Whatsapp (Kulwap) volume 3 yang mengangkat tema “Pencernaan Yang sehat Mendukung Imunitas Yang Kuat” acara tersebut diselenggarakan oleh Nakita dan Puregrow Organic @puregrowkids.

Baca Juga: Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan 6 Bahan Alami Ini, Mudah dan Murah Didapatkan