5 Gangguan Tidur Yang Biasa Terjadi Pada Bayi

By Gisela Niken, Jumat, 17 Juni 2016 | 02:30 WIB
5 Gangguan Tidur Yang Biasa Terjadi Pada Bayi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Membuat bayi punya jadwal tidur yang konsisten mungkin menjadi salah satu masalah tidur yang terjadi pada bayi. Bayi yang senang bangun di tengah malam juga sering kali terjadi. Berikut gangguan tidur pada bayi yang umum terjadi serta solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.Baca juga: Yuk kenali fase tidur bayi

1.Terlalu bersemangatBayi yang terlalu bersemangat akan memiliki pola tidur yang kurang baik. “Terlalu banyak stimulasi membuat bayi tidak bisa mengontrol tubuh. Bahkan, mereka mengungkapkan emosi mereka dengan menangis hingga memukul,” ujar Caroline McMahon, seorang spesialis tidur bayi. Untuk mengatasinya, Mama harus melihat tanda mengantuk pada bayi seperti menggosok mata, mata merah, kaki dan tangan yang kaku hingga menjadi sering mengamuk. Jika menunjukkan tanda tersebut ada baiknya Mama mencoba membuat bayi tidur.

2. Tidak cukup merasa lelahBayi kadang tidak merasa lelah sehingga merasa tidak membutuhkan tidur. Makin lama terhadap perubahan kebutuhan tidur yang terjadi. Mama perlu menyadari bahwa aktivitas fisik yang dilakukan oleh bayi berubah setiap saat sehingga pola tidurnya pun berubah. Misalnya ketika anak berusia 8 bulan, bayi mulai tidur lebih malam karena tidur siang yang lebih panjang. Untuk mengatasinya, Mama perlu mengatur aktivitas fisiknya. Jika Mama ingin anak tidak terbangun tengah malam, perbanyak aktivitas di sore hari.Baca juga: Ini 11 cara agar bayi bisa tidur dengan nyenyak

3. Tidak sadar mengubah rutinitas tidur bayiAda beberapa hal yang membuat Mama mengubah rutinitas tidur bayi. Misalnya ketika dalam kondisi tertentu menidurkan bayi lebih cepat dengan alasan membuat gaduh anggota keluarga lain. Namun, jangan kaget jika jadwal tidur anak jadi berubah. Mama membutuhkan waktu lagi untuk anak kembali pada rutinitasnya. Cobalah untuk mengembalikan pola tidur bayi yang konsisten.

4. Tumbuh gigiTumbuh gigi baru menciptakan rasa nyeri dan rasa tidak nyaman bagi si kecil. Hal ini akan menyebabkan si kecil tidak merasa kondusif untuk tidur. Ada beberapa obat penghilang nyeri yang memang diciptakan untuk bayi. Mama juga bisa rajin membersihkan mulut bayi dengan jari agar tidak ada bakteri yang menyebabkan rasa nyeri.Baca juga: Perlukah membuat jadwal tidur bayi?

5. PenyakitRasa sakit yang ringan saja bisa mengganggu kenyamanan si kecil tidur. Masalah perut hingga flu dapat menganggu tidur bayi. Penyakit juga menciptakan kelelahan yang parah sehingga bayi bisa saja lebih udah mengantuk. Untuk mengatasinya, Mama harus mengikuti tubuh bayi. Jika perlu istirahat, biarkan si kecil untuk istirahat. Pastikan anak tidak dehidrasi juga dapat membantu mengatasi gangguan tidur pada bayi.(Niken/Kidspot)