Jokowi Sudah Tentukan Tanggal Vaksin Covid-19 Gratis Akan Siap Diproduksi Massal, Peneliti Malah Mewanti-wanti: 'Jangan Terlalu Berharap'

By Nita Febriani, Minggu, 30 Agustus 2020 | 19:05 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona. (Freepik/jcomp)

Nakita.id - Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo akhirnya memberikan secercah harapan terkait vaksin virus Covid-19.

Dalam tayangan di kanal YouTube KompasTV Jumat (28/8/2020) Jokowi menyebut bahwa Menteri BUMN, Erick Thohir telah berupaya melobi negara-negara yang membuat vaksin.

Dalam acara penyerahan bantuan Presiden produktif di Yogyakarta tersebut Jokowi juga mengungkapkan soal kapan vaksin bisa disuntikkan pada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Siap-siap Telan Kenyataan Pahit, Virus Corona di Indonesia Sudah Bermutasi Lebih Ganas dan Cepat Menular, Rencana Vaksin Gratis Masih Jauh!

"Kemaren pak menteri BUMN sudah pergi ke Uni Emirat Arab, pergi ke China untuk memastikan vaksin itu bisa kita dapatkan, baik bahan baku yang bisa kita produksi di sini maupun beli jadi.

Tapi saya meyakini, insyaallah di Bulan Januari lah kita sudah mulai... suntik vaksin, biar keadaannya masuk pada normal kembali," ungkap Presiden Joko Widodo.

Sontak hal ini membuat banyak masyarakat merasa sedikit lega.

Namun hal berbeda justru disampaikan oleh para ahli yang mewanti-wanti agar masyarakat dunia jangan terlalu berharap pada vaksin virus asal Wuhan ini.

Baca Juga: Ciri-ciri Lendir Corona, Hati-hati Jika Warna Ini Muncul karena Bisa Jadi Indikasi Infeksi Covid-19