Tanpa Disangka, Obat Kumur Ternyata Bisa Tingkatkan Diabetes

By Radita Milati, Selasa, 9 Januari 2018 | 19:58 WIB
Gunakan obat kumur alami seperti terbuat dari cengkeh dan kayu manis untuk menghindari diabetes. ()

Nakita.id – benar Moms, merawat dan menjaga kesehatan gigi meupakan hal yang sangat penting. Mengingat mulut sangat rentan tercemar dan terjangkit bakteri.

Selain itu, jika kita lalai menjaga kesehatan dan kebersihan mulut, tentunya mulut pun akan rentan terkena beberapa masalah, seperti bau mulut, sariawan, dan gigi berlubang.

Menjaga kesehatan gigi pun bisa dilakukan dengan rajin menyikat gigi.

BACA JUGA: Wow, Minyak Kelapa Tenyata Mampu Mengurangi Risiko Sakit Jantung!

Selain itu, untuk mencapai bersih maksimal, tak sedikit Moms yang menggunakan obat kumur dan pembersih lidah selesai sikat gigi.

Namun, terdapat sebuah penelitian baru yang menyebutkan bahwa penggunaan obat kumur justru dapat meningkatkan risiko diabetes.

Para periset di Universitas Harvard AS, menemukan bahwa menggunakan obat kumur bisa membunuh mikroba bermanfaat yang hidup di dalam mulut.

Mikroba tersebut berguna untuk melindungi diri terhadap obesitas dan diabetes.

Para periset menemukan bahwa orang yang menggunakan obat kumur dua kali sehari, memiliki risiko sebesar 55% lebih tinggi terhadap diabetes atau mengalami lonjakan gula darah yang tinggi dan berbahaya dalam kurun waktu 3 tahun.

BACA JUGA: Anak Alami Batuk dan Pilek? Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Cepat Sembuh!

Kaumudi Joshipura,  seorang professor di Harvard School of Public Health mengatakan bahwa, “Sebagian besar bahan antibakteri dalam obat kumur tidak selektif memilih mikroba. Maka bakteri yang baikpun ikut terbasmi pada saat kita menggunakan obat kumur.”

Nah, serbasalah ya, Moms. Di satu sisi Moms ingin kebersihan mulut dan giginya paripurna dengan menggunakan obat kumur.