5 Mainan yang Dapat Membantu Agar Anak Cepat Berjalan

By Ipoel , Selasa, 19 Juli 2016 | 08:22 WIB
5 Mainan yang Dapat Membantu Agar Anak Cepat Berjalan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kemampuan belajar berjalan bayi ditentukan oleh kemampuan fisik, mental, serta semangat, keberanian bayi, serta peran dan stimulasi orangtua dan  lingkungan sekitarnya. Seperti kemampuan merangkak, kemampuan bayi untuk dapat berjalan mengalami proses. Usia 0-4 bulan, bayi belum mampu berjalan. Namun jika bayi bisa diberdirikan, secara langsung akan mengambil posisi berjalan. Usia 5-6 bulan, keseimbangan bayi mulai stabil jika diberdirikan. Artinya ia akan mencoba untuk menjaga keseimbangan tubuhnya sendiri sejalan dengan matangnya mekanisme fungsi syaraf sehingga gerakan yang dikendalikan lebih banyak dan lebih baik. Terutama di daerah batang tubuh. Kemudian ke daerah kaki. Perkembangan motorik diteruskan dari sendi, utama ke sendi yang lebih kecil dalam menjangkau suatu benda.

Baca juga: Ini permainan untuk melancarkan kemampuan berjalan anak

Selanjutnya, bayi akan menggunakan bahu dan sikunya sebelum menggunakan pergelangan dan jari tangan. Usia 7-8 bulan, bayi akan merasa senang jika kedua lengannya dipegang dan akan berjalan melonjak-lonjak jika diberdirikan. Usia 11 bulan, bayi sangat senang belajar dengan cara dititah (kedua tangannya dipegang). Usia 12 bulan atau lebih, bayi sudah memiliki keinginan untuk belajar melangkah sendiri tanpa bantuan orang lain. Bayi akan melangkah dari satu orang ke orang lain dengan penuh keceriaan. Pada awalnya, telapak kaki bayi tampak datar. Ketika bayi mulai belajar berdiri dan berjalan, otot-otot kaki akan terlatih dan membentuk lengkungan kaki. Harus diperhatikan bahwa kemampuan berjalan dapat dilakukan bayi jika otot-otot, syaraf, dan tulang telah berfungsi sempurna. Ada baiknya Mama dan Papa jangan memaksakan bayi untuk belajar berjalan jika fungsi otot-otot, syaraf, dan tulang belum tumbuh dan berkembang secara sempurna. Jika orang tua memaksakan agar anaknya dapat berjalan dengan segera maka kemungkinan munculnya gangguan fisik dapat terjadi.

Mengingat peran orangtua yang besar dalam mengajarkan  anak berjalan, tidak ada salahnya bila Mama memiliki 4 mainan ini agar anak cepat berjalan:

5 Mainan yang Dapat Membantu Agar Anak Cepat Berjalan

1. Fisher Price Walker To Wagon - Mainan Belajar Berjalan  

Harga: Rp 329.000-539.000 (harga bervariasi tergantung toko) 

Fisher Price Walker To Wagon adalah mainan yang dapat membantu si kecil melangkah dan berjalan dengan percaya diri. Mainan ini dilengkapi dengan bentuk aktivitas lainnya yang memberikan stimulasi pada indra penglihat dan pendengar pada bayi. Saat ia sudah berjalan dengan lancar, mainan ini dapat diubah menjadi kereta dorong. Cukup pindahkan gagang pegangan dari depan ke belakang dengan beberapa penggantian kunci sederhana. Si kecil pun kini memiliki kereta dorong untuk menyimpan semua mainannya sendiri! Fisher Price Walker To Wagon merupakan mainan bayi yang dapat membantunya menapakkan kaki mungilnya untuk pertama kali. Saat bayi belajar berjalan, maka bayi akan menempuh berbagai cara, seperti melewati masa merangkak terlebih dahulu.

Baca juga : Ini tahapan kemampuan berjalan bayi

5 Mainan yang Dapat Membantu Agar Anak Cepat Berjalan

2. Baby Moon Walk

Harga: Rp50.000 -75.000 (tersedia di toko mainan, perlengkapan bayi, atau online)