Coba Perhatikan Anak Gadis Moms, Inilah 3 Penyebab Pubertas Dini yang Perlu Diwaspadai pada Mereka

By Rachel Anastasia Agustina, Sabtu, 12 September 2020 | 11:48 WIB
Ilustrasi gadis pubertas. (Freepik/halayalex)

Coba Perhatikan Anak Gadis Moms, Inilah 3 Penyebab Pubertas Dini yang Perlu Diwaspadai pada Mereka

Nakita.id - Biasanya masa pubertas anak perempuan ditandai dengan mulainya menstruasi, semua sama rata.

Biasanya menstruasi sendiri datang setiap bulan tergantung dengan siklus yang dimiliki setiap tubuh perempuan.

Sebelum menstruasi pun biasanya akan ada perubahan hormonal yang bisa memengaruhi nafsu makan hingga suasana hati.

Secara fisiologis, menstruasi atau haid terjadi karena adanya interaksi antara hipofisis, hipotalamus, dan ovarium (indung telur) yang mengakibatkan perubahan jaringan sasaran pada saluran reproduksi wanita.

Baca Juga: Masa Pubertas Kedua Disebut Jadi Biang Keladi Para Pria Berselingkuh, Bernarkah? Begini Penjelasan Ahli Seksolog

Baca Juga: Beauty Date 2020: Kemunculannya Membuat Tidak Percaya Diri, Sebenarnya Apa Penyebab Kulit Remaja Rentan Berjerawat?Ovarium menghasilkan hormon steroid, terutama hormon estrogen dan hormon progesteron.Salah satu hormon estrogen adalah estradiol, yakni hormon yang paling banyak memengaruhi pada masa reproduksi wanita. Menarche (menars) adalah haid pertama dari uterus (rahim) yang merupakan awal dari fungsi menstruasi dan tanda telah terjadinya pubertas pada remaja putri. Melansir karya ilmiah yang dimuat dalam Journal of Global Pharma Technology (2010), menars sebagai tanda awal seorang remaja putri memasuki masa reproduksi biasanya akan dialami pada usia 12 tahun.