Viral Foto Anak dengan Rambut Es, Ternyata Fakta Sebenarnya Bikin Haru

By Fita Nofiana, Kamis, 11 Januari 2018 | 09:32 WIB
Rambut dan Alis Wang Beku ()

Nakita.id - Beredar foto viral di Tiongkok di mana seorang anak laki-laki yang diketahui bernama Wang Fuman yang berada di sekolah dengan rambut dan alis yang beku.

BACA JUGA: Tragis! Beberapa Hari Lagi Melahirkan, Perempuan Hamil Ini Tewas Tersetrum di Kamar Mandi

Wang Fuman adalah seorang anak sekolah dasar dari keluarga miskin yang berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki 4,5 km saat suhu hanya mencapai -9 derajat Celsius.

Dalam foto tersebut, Wang Fuman mengenakan pakaian tipis dan dengan pipi yang memerah karena kedinginan di mana ia sedang bersekolah di Zhuanshanbao di daerah pedesaan Zhaotong di provinsi Yunnan.

Kepala sekolah mengatakan, bahwa anak tersebut membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk berjalan ke sekolah setiap hari. "Suhu di pagi hari minus sembilan derajat celcius," kata kepala sekolah.

Wang adalah "anak tertinggal", sebuah istilah yang digunakan di Tiongkok untuk menggambarkan anak-anak dari keluarga miskin yang orangtuanya bekerja di kota-kota jauh dari rumah.

Dia tinggal dengan kakaknya dan neneknya.

“Cuaca di sekolah memang dingin, tapi tidak begitu sulit,” ujar Wang.

Wang tidak pernah berpergian jauh kemanapun dari desanya, ia memiliki impian sederhana untuk berkunjung ke Beijing dan menjadi seorang polisi.

BACA JUGA: Jahat! Ayah Asal Cirebon ini Campurkan Susu Bayinya dengan Racun Tikus

"Saya ingin melihat bagaimana murid belajar di sana (Beijing), dan saya ingin jadi polisi karena polisi menangkap orang jahat," kata Wang.

Nenek Wang, Yao Zhaozhi mengatakan kepada situs berita lokal bahwa keluarga tersebut hanya makan sayuran dan daun-daun sekitar rumah karena harga daging terlalu mahal.