Ini Kemampuan Yang Bisa Dilakukan Anak Usia 2 Tahun

By Gisela Niken, Kamis, 30 Juni 2016 | 05:05 WIB
Ini Kemampuan Yang Bisa Dilakukan Anak Usia 2 Tahun (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Memasuki usia 2 tahun, akan ada banyak hal yang baru dipelajari oleh si kecil. Sebagai orangtua Mama perlu memantau tumbuh kembangnya untuk memastikan ia bertumbuh dengan normal. Berjalan dan gerakan tubuh yang lebih terkordinasi menjadi kemampuan yang bisa dilakukan olehnya. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan anak usia 2 tahun.  Baca juga: Aturan dalam memberi makan anak usia 1 hingga 2 tahun

Berjalan menjadi prestasi besar pada anak usia ini. Mobilitas anak juga sudah semakin baik karena ia sudah bisa melihat sesuatu yang aman dan tidak anak. Namun, memberi pengaman di perabot rumah tetap diperlukan karena si kecil mulai percaya diri dalam berjalan dan mulai mencari tantangan seperti berjalan sambil membawa sesuatu hingga naik turun tangga.

Pada usia 2 tahun, si kecil mulai bereksperimen dengan bola. Ia mulai belajar menendang dan menangkap serta melempar bola. Bahkan setelah menginjak usia 2,5 tahun anak mulai bisa melompat. Kemampuan anak bergerak yang semakin baik menimbulkan tingkat keingintahuan yang semakin besar. Anak jadi semakin ingin belajar akan segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Artinya, Mama dan Papa harus semakin ketat dalam mengawasinya.Baca juga: Anak usia dua tahun, bolehkah sekolah?

Perkembangan pesat juga terjadi pada bahasanya. Ia sudah mulai berbicara lebih dari 50 kata. Selain itu, ia juga bisa mengatakan dua frasa kata sekaligus. Ia juga mulai memahami apa yang Mama katakan. Kata-kata yang tidak jelas saat bayi seperti “mbil” kini sudah tergantikan dengan kata utuh “mobil”. Si kecil juga sudah memahami jika Mama meminta sesuatu padanya.

Anak usia 2 tahun juga mulai mengenal lawan main. Jadi, alangkah baiknya Mama mulai mengajaknya bermain bersama dengan teman sebaya. Ia juga mulai mengalami rasa takut seperti ada suara atau benda aneh yang belum pernah ia lihat. Si kecil pun bisa mengatakan dan menunjukkan pada Mama apa yang ia butuhkan seperti perlu mengganti popok. Baca juga: Ini aktivitas fisik yang cocok untuk anak usia 2 tahun

Itu dia hal-hal yang bisa dilakukan anak usia 2 tahun. Mama juga perlu mengasah kemampuannya lo. Siapkan waktu 30 menit untuk beraktivitas dengan si kecil. Mama bisa memilih mainan yang mengasah kemampuan otaknya. Puzzle dan krayon menjadi dua hal yang sangat menyenangkan bagi anak usia ini.(Niken/Kids Health)