Kunci Sukses Mengasuh Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun

By Gisela Niken, Rabu, 22 Juni 2016 | 22:30 WIB
Kunci Sukses Mengasuh Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com ­– Menjadi orangtua memang sulit apalagi si kecil yang masuk ke dalam usia 1 hingga 2 tahun. Rasa ingin tahunya membuat si kecil selalu antusias dan energik. Mama dan Papa kadang merasa kelelahan dan tidak mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk menghadapinya. Berikut beberapa panduan untuk mengasuh anak usia 1 hingga 2 tahun yang perlu Mama ketahui agar si kecil tetap aman dan tumbuh jadi anak yang berperilaku baik.Baca juga: 3 kesalahan ayah saat mengasuh anak

Salah satu kunci mengasuh anak usia ini adalah memastikan daerah sekitarnya aman. Anak baru saja memperoleh keterampilan bergerak dan berjalan ke mana pun mereka inginkan. Mereka akan kesulitan mengontrol diri mereka sendiri. Jauhkan dari barang berharga yang Mama miliki dan pastikan tidak ada benda berukuran kecil. Jauhkan anak dari area berbahaya seperti kamar mandi dan tangga serta ruang makan karena terdapat banyak benda dari kaca.

Anak usia ini juga sangat senang bermain dan bermain. Terkadang sulit bagi Mama untuk melarang si kecil main. Misalnya saja ketika hari sedang hujan, ia tetap ingin bermain keluar. Untuk mengatasinya, Mama hanya perlu mengalihkan perhatian. Jangan memarahi anak sebab pada usia ini ia tidak memahami apa yang Mama sampaikan. Ada baiknya Mama mencari alternatif mainan lain sambil menjelaskan padanya bahwa cuaca hujan tidak baik untuknya.Baca juga: Ini aturan dalam mengasuh anak dengan tepat

Mama tak perlu heran jika si kecil akan mudah mengamuk. Hal ini disebabkan ia belum mampu mengelola serta mengeksresikan emosinya. Cobalah untuk memahami apa yang jadi penyebabnya dan sementara mencoba menghindari penyebab tersebut. Misalnya ia selalu rewel di jam-jam tidur siang. Ada baiknya Mama tidak membawanya keluar rumah di jam tersebut untuk menghindari si kecil yang rewel.

Perhatian menjadi hal yang penting dalam menginjak usia ini. Anak tidak memahami apa yang baik dan tidak untuknya. Untuk itu, kontak fisik akan membantunya memahami apa yang Mama inginkan. Hal ini juga membantu Mama agar si kecil bisa lebih mengontrol emosinya. Anak di usia ini senang mengekspresikan segala sesuatu dengan tindakan. Ia bisa saja memukul dan melempar barang saat ada sesuatu yang tidak ia sukai. Dengan perhatian dan kasih sayang, anak akan jauh lebih memahami apa yang seharusnya ia lakukan saat ia merasakan emosi tertentu.Baca juga: Mama kelelahan saat mengasuh bayi? Ini dia penyebabnya!

Mama mungkin mengalami kondisi di mana si kecil selalu menempel pada Mama. Saat Mama meninggalkannya sebentar saja, ia sudah merengek dan menangis. Dalam menghadapi kasus ini, Mama jangan menyuruh anak pergi. Justru, ini caranya untuk mencari perhatian Mama. Untuk mengasuh anak usia 1 hingga 2 tahun dengan sifat seperti ini, ada baiknya ia tetap ada di sekitar Mama. Misalnya ketika memasak, biarkan si kecil duduk di dekat Mama sambil memegang mainannya. Hal ini akan membuatnya tenang bahwa Mama tidak akan pergi kemana-mana.

(Niken/Kidspot)