Cara Mudah Mengatasi Anak Berjalan Jinjit

By Gisela Niken, Rabu, 22 Juni 2016 | 04:10 WIB
Cara Mudah Mengatasi Anak Berjalan Jinjit (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Apakah normal jika anak berjalan jinjit? Pada dasarnya berjalan jinjit merupakan salah satu fase anak dalam belajar berjalan. Hal ini normal saja terjadi ketika anak sebelum berusia 3 tahun. Setelah usia 3 tahun, jalan jinjit justru menjadi gejala adanya masalah otot atau perkembangan. Berikut cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi anak berjalan jinjit.Baca juga: Kebiasaan yang mengganggu kaki

Anak memang cenderung untuk berjalan jinjit sebab sejak dalam rahim si kecil meringkuk dan membuat tumit jadi bengok. Butuh waktu cukup lama untuk meluruskan posisi tersebut. Setelah 3 hingga 6 bulan bisa berjalan, biasanya anak tidak lagi berjalan jinjit. Ketika menginjak usia 3 tahun anak seharusnya sudah bisa berdiri dengan kaki datar.  Biasanya anak yang belum bisa menghilangkan kebiasaan jalan jinjit memiliki gangguan otot.

Gangguan otot tersebut bisa diatasi dengan merenggangkan otot dan membuat otot bagian depan kaki menjadi lebih kuat. Hal ini akan membuat anak mampu berdiri dengan kaki datar. Perenggangan dilakukan dari otot betis hingga pergelangan kaki. Anak perlu beberapa latihan khusus untuk merenggangkan otot tersebut.Baca juga: Jalan jinjit, tanda anak autis?

Untuk merenggangkan otot, minta anak berbaring dan biarkan kaki, lutut hingga pergelangan kaki tetap lurus. Setelah itu tekuk pergelangan kaki hingga posisi kaki menunjuk ke arah lutut. Tekuk kaki sebanyak 10 kali dan lakukan secara bergantian pada kaki kanan dan kiri. Tidak hanya menekuk pergelangan kaki, Mama juga bisa menekuk jari-jari kaki hingga menunjuk ke arah lutut. Tahan dengan lembut selama 15 hingga 30 detik. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dan dilakukan di kedua kaki.Baca juga: Penyebab jalan jinjit pada anak

Mama juga perlu melatih anak untuk tidak berjalan jinjit sedini mungkin. Pilih sepatu yang nyaman dan sesuai bentuk kaki anak agar posisi berjalannya benar. Mama juga bisa mengatasi anak berjalan jinjit dengan meminta anak banyak berjalan dan berlari. Hal ini akan membuat anak terbiasa dengan posisi kaki untuk berjalan dengan benar. Cobalah untuk menahan kakinya saat ia berdiri agar anak terbiasa untuk tidak memulai berjalan dengan posisi jinjit.(Niken/New Kids Center)