Yang Harus Mama Tahu Dalam Mendidik Anak Laki-Laki

By Gisela Niken, Selasa, 21 Juni 2016 | 05:05 WIB
Yang Harus Mama Tahu Dalam Mendidik Anak Laki-Laki (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak laki-laki sering dianggap anak yang senang bermain pistol, sangat mudah cedera dan sangat aktif bergerak. Namun, ada beberapa hal yang mungkin Mama belum tahu dalam mendidik anak laki-laki. Hal ini membuktikan tidak semua stereotip soal anak laki-laki itu benar lo, Mam. Ada kalanya anak laki-laki juga manja dan butuh perhatian yang lebih dari Mama.Baca juga: 5 cara menumbuhkan rasa percaya diri anak laki-laki

1.ASI lebih bermanfaat untuk anak laki-laki.Tahukah Mama bahwa ASI akan memberikan dorongan terhadap perkembangan otak anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak laki-laki yang diberi ASI selama 6 bulan atau lebih memiliki nilai akademik yang lebih tinggi. Untuk itu, jangan sangka bahwa anak laki-laki juga masih membutuhkan ASI meski sudah menginjak usia 1 hingga 2 tahun.

2. Telinga anak laki-laki kurang sensitifKetika anak tidak mendengarkan Mama bukan berarti anak laki-laki adalah sosok yang pembangkang. Anak laki-laki memang memiliki pendengaran kurang sensitif dibandingkan dengan anak perempuan. Anak laki-laki kurang memahami pola bicara sehingga tidak mudah mendengar apa yang orang katakan. Gabungkan sentuhan jika berbicara dengan anak laki-laki agar si kecil memahami apa yang Mama maksud.Baca juga: 5 tanda mengandung bayi laki-laki

3.Ada manfaat ketika anak laki-laki bermain pistol-pistolanAnak laki-laki memang senang bermain mainan yang berhubungan dengan senjata serta fisik. Ternyata, hal ini merupakan cara anak laki-laki mengeskplorasi bagaimana hubungan dengan sesama dan membantu anak memahami mana yang benar dan salah. Untuk itu, jangan larang anak laki-laki untuk bermain ini. Mama justru perlu menjelaskan padanya bahwa senjata tersebut tidak boleh digunakan untuk mengancam orang lain.

4. Anak laki-laki lebih berani sehingga lebih sering cederaAnak laki-laki memang terkenal lebih kasar dan fisik. Anak perempuan cenderung meremehkan kemampuan fisik mereka dan takut untuk melakukan berbagai hal. Sebaliknya, anak laki-laki justru melebih-lebihkan kemampuan mereka dan sangat suka dengan tantangan. Maka jangan heran jika anak laki-laki lebih mudah cedera. Mama pun perlu memberinya perlindungan agar tidak mudah cedera.Baca juga: Bayi laki-laki lebih aktif bergerak?

5.Anak laki-laki suka dipelukSiapa sangka kalau mendidik anak laki-laki bisa dengan lebih sering memeluknya. Aktivitas fisik laki-laki membuat anak laki-laki cenderung menunjukkan perasaaan mereka melalui sentuhan. Jangan pernah khawatir jika memeluk dan menciumnya berarti anak laki-laki terlalu kekanak-kanakan atau terlalu menjadi wanita. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang tidak punya koneksi dengan ibu yang kuat sangat mungkin menjadi anak yang pemurung.

(Niken/What To Expect)