Indonesia Jadi Peringkat 3 Kematian Covid-19 di Asia, Bedakan Ciri Gejala Covid-19 dan Flu Biasa

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Jumat, 25 September 2020 | 13:55 WIB
Ilustrasi bedakan gejala flu dan covid-19 (Freepik)

 

Nakita.id - 6 bulan sudah Covid-19 menginfeksi seluruh dunia, terutama Indonesia.

Hingga Kamis (24/9/2020), tercatat 10.105 orang meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.

Melansir dari Kompas.com, menurut pakar epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, angka kematian pasien Covid-19 dari Indonesia adalah yang tertinggi di ASEAN.

"Kemudian di Asia pun, ( kematian Covid-19) kita pun masuk dalam tiga besar," kata Dicky kepada Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Nunung dan 5 Anggota Keluarganya Dinyatakan Positif Covid-19, Putra Sulung Ungkap Ibunya Sempat Berangkat Syuting Sebelum Swab Test

Baca Juga: Jadi Relawan Suntik Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Banjir Doa, 'Tubuh Saya Sekarang Secara Resmi Mengandung Virus Covid-19'

 

Angka kematian merupakan indikator valid untuk melihat performa program pengendalian suatu negara atau wilayah. "Kita enggak bisa mengabaikan yang namanya angka kematian," tegasnya.

Mengingat meningkatnya angka kematian termasuk di Indonesia, masyarakat harus semakin menjaga protokol kesehatan dan menjaga kebersihan.

Selain itu, masyarakat juga harus waspada terhadap berbagai gejala sakit dari orang terdekat.

Meski ciri pengidap Covid-19 hampir mirip dengan orang flu pada umumnya, namun ada beberapa hal yang berbeda.

Bagaimana bedanya?

Mengutip dari ABC News (24/9/2020), penyakit Covid-19 maupun flu tidak mungkin bisa dibedakan tanpa menjalani tes terlebih dahulu.