5 Trik Mengajarkan Anak Gosok Gigi

By Dini, Rabu, 15 Juni 2016 | 04:20 WIB
5 Trik Mengajarkan Anak Gosok Gigi (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mengajarkan anak gosok gigi memang bukan hal yang mudah. Karena, biasanya anak batita belum sanggup konsentrasi, dan belum memahami betul manfaat gosok gigi. Akibatnya, mereka sering menghindari jika diajak gosok gigi, atau menangis karena merasa tersiksa. Namun, ada beberapa trik mengajarkan anak gosok gigi seperti yang diceritakan Papa Mama berikut ini:

Pasta gigi rasa strawberry. “Keyla sudah saya ajarkan cara gosok gigi saat usianya 1,5 tahun. Dia pun termasuk anak dengan pertumbuhan gigi yang cepat. Jadi, supaya giginya terawat sehat bersih sepanjang hari, saya selalu mengajarinya gosok gigi sewaktu mandi. Konyolnya, karena pasta giginya rasa strawberry, dia kerap kali menelan pasta giginya, ‘Enak Bunda,’ katanya. Duuh, saat itu saya sempat marah juga, sih. Lalu saya kasih dia pengertian agar busa setelah sikat gigi dibuang supaya kumannya keluar.” (Yetri Yanti, mama dari Keyla Putri Andika/3,2)

Sambil menyanyi. “Awalnya saya hanya memberi contoh cara menyikat gigi, dengan cara mengajaknya menemani saat saya sikat gigi sebelum tidur. Saat itu saya memeragakannya dengan nyanyian, ‘Satu satu aku sayang ibu’ yang liriknya diubah ‘Satu satu ambil sikat gigi... Dua dua beri pasta gigi… Tiga tiga mulai gosok gigi, satu dua tiga gigi kita bersih.’ Sejak saya beri contoh seperti itu, Danish setiap kali mandi sudah peka untuk meminta sikat gigi dan pastanya, kemudian langsung menggosok gigi.” (Ariani Prastiwi, mama dari Danendra Azka Danish S./2,2)

Sikat gigi karakter kartun. “Anak saya suka sekali permen, mau gak mau kami ajarin dia sikat gigi dan banyak minum air putih setelah makan manis. Hi hi hi... mungkin pasta giginya enak seperti permen, dia suka banget sikat gigi. Ditambah lagi kemasan pasta gigi dan sikat giginya lucu dengan karakter kartun kesukaannya.” (Reynold, papa dari Ecclesia Debora/2,3)

Awali sejak dini. “Anak saya mulai belajar sikat gigi sendiri di usia 8 bulan. Kala itu giginya sudah tumbuh dua di depan bawah. Mengajarinya cukup pagi dan sore selalu sikat gigi bersama. Sekarang usianya hampir 2 tahun, giginya bersih dan sehat. Eh, sekarang mulai berani menggunakan pasta gigi anak yang rasa buah.” (Onggo Kristianto, papa dari Alicya Orbelina Ong/23 bulan)

Meniru kakak. “Awalnya, Fyana cuma melihat kakaknya sikat gigi, sekarang dia jadi ketagihan sikat gigi. Pokoknya, kalau masuk kamar mandi, Fyana langsung menunjuk-nunjuk tempat sikat gigi dan terus sikat gigi walau mandi telah usai alias sikat giginya dia biarkan di dalam mulut sampai ganti baju, ha ha ha….” (Teffy Aulia, mama dari Fyana Almaz Razumny/13 bulan)

Nah, banyak kan, cara mengajak anak gosok gigi? Silakan coba sesuai kebiasaan si kecil ya, Mam.

(Gazali Solahuddin)