Mengatasi Anak Berjalan Dengan Kaki Bengkok Ke Dalam

By Gisela Niken, Selasa, 14 Juni 2016 | 23:05 WIB
Mengatasi Anak Berjalan Dengan Kaki Bengkok Ke Dalam (Gisela Niken)

Tabloid-Nakitacom – Berjalan merupakan fase yang ditunggu oleh banyak orangtua. Namun, banyak anak yang justru punya masalah ketika bisa berjalan. Salah satu masalah yang sering dialami adalah anak yang berjalan dengan kaki bengko. Apakah Mama harus khawatir dengan hal ini? Adakah kelainan dengan anak berjalan kaki bengkok ke dalam? Berikut hal-hal yang harus Mama perhatikan.Baca juga: Kaki anak berbentuk O, normalkah? 

Sebenarnya apa yang menyebabkan berjalan jinjit? Hal ini sangat dipengaruhi saat bayi masih dalam kandungan. Saat dalam kandungan, tulang antara lutut dan pergelangan kaki ditekuk agar tubuh bayi pas di dalam kandungan. Bahkan, tulang antara punggung dan lutut juga menekuk ke dalam. Sehingga saat anak belajar berjalan tulang belum kembali pada posisi semula.

Dalam hal medis, toe-ing atau berjalan dengan kaki bengkok ke dalambiasanya bisa diatasi tanpa perawatan medis khusus. Ketika seorang anak mengalami kelainan ini, biasanya mereka akan berjalan, berlari dan melakukan kegiatan olahraga. Dahulu pernah ada sepatu yang memang dikhususkan untuk anak berjalan dengan kaki bengkok. Nyatanya, sepatu ini tidak mengatasinya.Baca juga: Posisi tidur agar kaki sehat

Kelainan ini sebenarnya akan berubah dalam waktu cukup lama. Biasanya sekitar 4 hingga 6 tahun. Perubahannya memang sangat kecil dari hari ke hari sehingga sulit bagi orangtua untuk melihat adanya perubahan. Dokter sering menyarankan untuk mengambil video anak sedang berjalan untuk melihat secara jelas bagaimana perkembangan kaki anak. Mama bisa melihat perubahannya dalam kurun satu tahun. Selain itu, Mama perlu memberinya alas kaki yang tepat agar ia tidak merasa terganggu saat berjalan. Melatih berjalan setiap hari dan memberi contoh yang baik cara jalan yang benar akan membantu mengatasi kelainan kaki.Baca juga: Pentingnya kesehatan kaki bayi

Namun, beberapa kasus kelainan kaki ini memang merupakan tanda cedera atau sakit. Beberapa gejalanya antara lain anak mengeluh sakit di kaki. Anak yang tidak mampu berjalan dalam jarak yang panjang dan tidak memiliki tinggi kaki yang sama antara kaki kanan dan kiri. Jika pada usia tiga hingga empat tahun kebiasaan ini belum membaik, ada baiknya Mama membawa anak ke dokter.Anak berjalan dengan kaki bengkok ke dalam harus dibantu dan dilatih setiap harinya agar waktu pemulihan dapat berjalan dengan cepat. (Niken/Kids Health)