Agar Anak Anteng di Tempat Umum

By Dini, Jumat, 3 Juni 2016 | 00:00 WIB
Agar Anak Anteng di Tempat Umum (Dini)

Tabloid-Nakita.com - "Saya penasaran, kok ada anak yang kalau diajak ke pertemuan atau ke pesta, bisa tenang dan duduk anteng di sebelah orangtuanya. Sedangkan anak saya (3), boro-boro duduk. Maunya jalan terus, bahkan lari-lari. Kadang malah menjerit-jerit. Saya jadi malu. Bagaimana ya, caranya supaya anak bisa anteng di tempat umum seperti anak-anak lainnya?" (Dika Amanda, Semarang)

Hm... membuat anak tenang di tempat umum sepertinya menjadi tantangan tersendiri ya, buat Mama. Mari kita simak penjelasan Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI, Play Therapist & Psikolog mengenai hal ini:

Mbak Dika, begitulah namanya manusia, ada beraneka ragam kepribadian dan perilaku. Ada anak yang sejak kecil mudah diatur dan bisa mengendalikan dirinya, emosinya; namun ada pula anak yang sulit dikendalikan. Ada anak yang senang aktif bergerak, ada anak yang lebih suka duduk tenang.

Usia anak Mbak Dika saat ini 3 tahun. Dari sudut perkembangan mental, dia sudah bisa dilatih untuk mengendalikan diri, terlepas bahwa anak Mbak Dika kebetulan termasuk aktif dan tidak mudah diarahkan. Perlu diperhatikan, bagaimana kegiatan sehari-hari si kecil. Sekalipun di usia ini anak memang masih suka banyak bergerak, tapi apakah dia sudah dibiasakan untuk duduk tenang di saat-saat tertentu? Misalnya, ketika makan, dibacakan buku cerita, diajak berbicara.

Kalau sehari-hari dia dibiarkan “liar”, maka sulit mengharapkan dia bisa diatur ketika berkunjung ke pesta. Atau sebaliknya, di rumah dia terlalu banyak dikekang, kurang diberikan kesempatan untuk melakukan permainan yang banyak menggunakan kegiatan fisik, sehingga ketika diajak ke tempat pesta, dia bagaikan kuda liar yang dilepas di padang luas.Narasumber: Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI, Play Therapist & Psikolog