Yang Harus Mama Lakukan Ketika Anak Tidak Mau Tidur Siang

By Gisela Niken, Jumat, 20 Mei 2016 | 03:40 WIB
Yang Harus Mama Lakukan Ketika Anak Tidak Mau Tidur Siang (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tidur siang menjadi hal yang menjengkelkan bagi orangtua apalagi di usia batita yang sedang sangat aktif. Sebenarnya, anak memang tidak membutuhkan waktu tidur yang lama. Istirahat sejenak memang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Mama perlu punya cara yang kreatif untuk mengatasi anak yang tidak mau tidur siang. Beberapa cara berikut mungkin bisa menjadi inspirasi.Baca juga: Membiasakan batita tidur siang

Saat meninggalkan masa bayi, anak harus mulai terbiasa dengan waktu istirahat siang. Ia harus memiliki jadwal kapan harus beraktivitas dan tidur. Mama perlu mengenalkan pada anak kapan mereka bisa beraktivitas dan kapan harus tidur. Konsistensi sangat diperlukan untuk mengenalkan rutinitas tidur siang kepada anak. Cobalah untuk memilih kegiatan yang sederhana dan membantu membuatnya tidur siang.

Mama juga tidak perlu memaksa anak untuk tidur. Memaksanya untuk tetap tidur membuat anak tidak terbiasa tidur saat mengantuk. Biarkan mereka berada di tempat tidur dan merasa ngantuk dengan sendirinya. Jadwal yang sama setiap hari akan membantu tubuh mereka memahami bahwa ada saatnya untuk istirahat.Baca juga: Perlukah anak tidur siang? 

Ketika menjelang waktu tidur siang, usahakan situasi rumah juga mendukung anak untuk tidur. Anak yang tidak mau tidur siang biasanya juga dipengaruhi oleh kondisi sekitarnya yang masih berisik. Cobalah matikan televisi dan peralatan lain di rumah yang menganggu anak. Mama juga bisa meletakkan beberapa benda kesayangannya agar ia merasa nyaman untuk tidur. Lakukan kebiasaan yang mirip dengan tidur malam agar anak mudah tidur.

Mama juga bisa melakukan kegiatan kreatif agar anak mau tidur siang. Biarlah mereka memilih tempat tidur yang mereka senangi misalnya menyulap tempat tidur menjadi tenda. Kegiatan sebelum tidur juga sangat memengaruhi bagaimana ia bisa terbiasa tidur siang. Buatlah suasana senyaman mungkin.Baca juga: Ini manfaatnya jika bayi tidur siang

Mengatasi anak yang tidak mau tidur siang perlu dilakukan mengingat kebutuhan tidur batita yaitu 12 jam setiap harinya. Istirahat sangat diperlukan untuk tumbuh kembangnya lo, Mam. Selain itu, waktu istirahat siangnya bisa Mama gunakan untuk waktu istirahat Mama dan melakukan hal yang tidak bisa Mama lakukan saat si kecil terbangun.(Niken/ New Kids Center)