Cara Anak Tidak Ngompol Di Malam Hari Dengan Toilet Training

By Gisela Niken, Selasa, 17 Mei 2016 | 00:45 WIB
Cara Anak Tidak Ngompol Di Malam Hari Dengan Toilet Training (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mama mungkin masih dibingungkan dengan cara agar anak tidak ngompol di malam hari. Salah satu cara yang bisa Mama lakukan adalah dengan toilet training. Dengan cara ini, proses membuat tempat tidur si kecil tetap kering di malam hari menjadi lebih mudah. Ini dia trik mudah yang bisa Mama praktekkan!Baca juga: Ngompol yang tidak wajar, ini tandanya!

Sebelum tidur, biasakan untuk ke kamar mandi untuk pipis. Jika si kecil terlanjur tidur, cobalah untuk membangunkannya di malam hari dan memintanya untuk pipis. Cara ini akan membuatnya terbiasa untuk bangun ketika ingin merasa pipis. Anak yang masih mengompol terjadi karena belum terbiasa untuk pipis di tengah malam. Usahakan membuatnya berani untuk ke toilet pada malam hari.

Selain itu, hindari pemakaian popok pada malam hari. Hal ini akan membuat anak terbiasa langsung  pipis di kasur karena merasa sudah pipis di tempat yang tepat. Cobalah sesekali untuk melepaskan popoknya dan biarkan ia merasakan bahwa pipis di tempat tidur adalah hal yang tidak nyaman.Baca juga: Solusi si pra-sekolah yang masih ngompol

Mama juga perlu mengatur jarak antara ia minum dengan jumlah banyak dengan waktu tidurnya. Usahakan beri jarak 1 jam antara waktu minum dan tidur. Hal tersebut akan membuat anak pergi ke toilet sebelum tidur dan tidak ingin merasa pipis saat tidur. Mama juga perlu secara teratur mengajaknya ke toilet agar ia mengetahui rasa ingin pipis.

Kebiasaan untuk tidak ngompol dengan toilet training harus dilakukan secara berkala. Mama juga harus memerhatikan usia si kecil yang mungkin belum siap untuk memahami toilet training. Usia 1,5 tahun hingga 2 tahun merupakan usia yang pas untuk mengajarkan padanya pipis sendiri khususnya pada malam hari. Anak yang sudah siap untuk toilet training ditandai dengan anak yang sudah bisa mengekspresikan rasa ingin ke toilet.Baca juga: Sikap orangtua yang bikin anak masih ngompol

Penggunaan toilet yang nyaman dan juga tidak membuatnya takut juga merupakan hal penting sebagai cara agar anak tidak ngompol di malam hari. Mama juga bisa mengajaknya berbelanja keperluan toiletnya agar ia merasa nyaman. Jika si kecil belum berhasil, jangan langsung memarahinya dan tidak mau mencoba lagi. Kesabaran dan konsistensi sangat dibutuhkan dalam hal ini. (Niken/Pop Sugar)