Jangan Langsung Percaya! Pernah Viral Soal Daun Kelor yang Disebut Bisa Menetralkan Racun, Ahli Bongkar Fakta Sebenarnya

By Riska Yulyana Damayanti, Senin, 19 Oktober 2020 | 12:50 WIB
Manfaat daun kelor (Freepik)

Nakita.id - Daun kelor sering disebut sebagai salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat.

Sebelumnya, beredar pesan yang menyebutkan bahwa daun kelor bisa menetralisir racun.

Sebuah video menampilkan seorang wanita tengah melakukan percobaan mengenai khasiat daun kelor yang disebut dapat menetralisir racun dalam tubuh beredar di aplikasi pesan WhatsApp dan Facebook pada Senin (22/6/2020). Pengunggah yakni akun Facebook bernama Riema Lee.

Baca Juga: Menurunkan Demam Anak dalam Sekejap Pakai Daun Kelor dan Kentang, Pertolongan Pertama yang Super Gampang

" Manfaat daun kelor memang luar biasa.. Di Korsel sdr di jadikanminuman suplemen sehat," tulis Riema seperti dalam unggahan Facebooknya.

Dalam video berdurasi 4 menit ini, wanita tersebut membuat larutan menggunakan obat merah yang diteteskan dalam air dan kemudian ditambahkan mi putih atau bihun.

Ia menjelaskan bahwa terjadi perubahan warna menjadi kegelapan pada bihun.

"Bihun menjadi kehitaman setelah diberi obat merah, ini menandakan ada kontaminuasi racun dalam bihun dan dengan obat merah menimbulkan warna hitam pekat, kemudian apa manfaat daun kelor dalam kejadian ini," ujar wanita tersebut.

Kemudian, larutan obat merah itu ditambahkan dengan air rebusan daun kelor dan dalam jangka waktu tertentu larutan obat merah yang awalnya keruh menjadi jernih.

Baca Juga: Jika Skincare Mahal Masih Belum Berhasil, Coba Manfaatkan Daun Kelor untuk Kecilkan Pori-pori Kulit Wajah