Ini Daftar Perkembangan Pesat Yang Dialami Anak Usia 2 Tahun

By Gisela Niken, Rabu, 4 Mei 2016 | 03:15 WIB
Ini Daftar Perkembangan Pesat Yang Dialami Anak Usia 2 Tahun (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mama mungkin bingung apakah si kecil tumbuh dengan normal? Tahukah Mama bahwa pada usia 2 tahun anak akan berkembang dan bertumbuh pesat. Untuk itu, Mama tidak usah khawatir jika sebelumnya anak mungkin terlihat kurus dan tidak normal pertumbuhannya. Semua itu akan berubah ketika ia menginjak usia dua tahun. Berikut perkembangan anak usia 2 tahun yang umum terjadi.Baca juga: Aktivitas fisik untuk anak 2 tahunDimulai dari berat badan yang disesuaikan dengan jenis kelamin anak. Anak laki-laki biasanya akan memiliki berat 12 kilogram sementara anak perempuan 10 kilogram. Angka ini mungkin saja berbeda sebab dipengaruhi oleh kesehatan anak, apa yang mereka makan dan bagiaman mereka beraktifitas. Maka dari itu, sangat penting untung Mama memeriksakan si kecil ke dokter jika merasa berat badan terlalu kurang atau berlebihan.

Baca juga: Usia 2 tahun, anak boleh sekolah?

Secara normal, anak akan mengalami kenaikan berat badan pada usia ini. Mereka akan mulai mencoba makanan baru sehingga mengalami ledakan pertumbuhan. Tidak hanya urusan berat badan, si kecil juga akan memiliki banyak keterampilan baru yang membuat ia jadi lebih mandiri.

Si kecil akan mulai bisa memakai pakaian sendiri dan akan melakukannya berkali-kali. Namun, jangan heran jika dimulai dengan hal yang berantakan terlebih dahulu. Mama harus menyiapkan tempat khusus untuk anak agar bisa berganti pakaian dengan benar. Anak pada usia ini juga sudah memahami arti kebersihan.Baca juga: Pola tidur batita

Ia akan sadar bahwa harus mencuci tangan dan melakukan kebiasaan bersih lainnya seperti menutup mulut saat bersin. Si kecil juga sudah mulai bisa menggosok gigi sendiri dan rajin melakukannya setiap hari. Beberapa anak bahkan sudah mampu pergi ke toilet sendiri dan sudah tidak memerlukan popok lagi.

Lalu, apa yang bisa Mama lakukan untuk mendukung perkembangan anak usia 2 tahun? Mama harus lebih memahami kebutuhan gizi mengingat anak yang sedang aktif bergerak. Mama juga harus memantau lebih banyak karena anak akan senang memanjat dan berlari. Bantu anak untuk meluangkan aktifnya dengan membantunya melakukan kegiatan fisik tersebut.(Niken/New Kids Center)