5 Benda Berbahaya Yang Rentan Masuk Mulut Anak

By Gisela Niken, Jumat, 29 April 2016 | 03:15 WIB
5 Benda Berbahaya Yang Rentan Masuk Mulut Anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kebiasaan anak memasukkan apapun ke mulut menjadi sebuah kebiasaan yang agak menakutkan bagi Mama. Sebab, tak jarang kasus yang muncul akibat benda-benda berbahaya yang masuk ke mulut. Sudah menjadi tugas orangtua memastikan tidak ada benda berbahaya di sekitar anak. Berikut benda berbahaya yang harus diwaspadai bagi anak yang senang memasukkan benda ke dalam mulut.Baca juga: Begini cara mencegah si kecil bau mulut

1.Kosmetik dan produk perawatanBenda ini memiliki warna cerah dan bentuk yang menarik hati anak. Tidak hanya menaruhnya di tempat aman di rumah. Mama juga perlu waspada ketika menaruh kosmetik di dalam tas. Anak bisa membongkar tas Mama dan menemukan aneka barang tersebut. Jangan sampai anak juga menelan produk perawatan tubuh seperti sabun dan sampo yang mudah mereka temukan saat mandi.

2.Pembersih rumahPembersih lantai dan sabun cuci jadi bahan pembersih yang ada di setiap rumah. Biasanya Mama meletakkannya di dekat mesin cuci atau di bawah wastafel. Usahakan menyimpan cairan tersebut di dalam lemari yang tertutup dan terkunci. Jangan pula menganggap bahwa anak yang usia 4 hingga 5 tahun lebih memahami bahaya. Sebuah riset menunjukkan 45% anak yang keracunan pembersih rumah berusia 4 hingga 5 tahun.Baca juga: Bolehkah mencium anak di bibirnya?

3.ObatKeracunan obat sangat mungkin terjadi mengingat bentuknya yang kecil dan sulit terdeteksi. Anak akan mengalami overdosis jika mengonsumsi obat-obatan milik orang dewasa. Obat juga harus dijauhkan dari jangkauan anak. Tempat yang tinggi jadi tempat terbaik menyimpan obat. Anak-anak hanya membutuhkan 3 hingga 5 menit untuk membuka sebuah kotak obat. Perhatikan pula obat yang disimpan di dalam tas.

4.TanamanHal ini harus Mama waspadai ketika berada di taman. Tidak semua tanaman aman jika termakan manusia. Mama juga tidak tahu mana tanaman yang beracun dan tidak. Berikan pengetahuan pada anak bahwa tanaman harus dirawat bukan dimasukkan ke dalam mulut. Beri pula pengalaman untuk menyentuh tanaman dengan kasih sayang dan tidak langsung memakan buah dari tanaman tersebut.Baca juga: Senang memasukkan benda ke dalam mulut

5.TimahKeracunan timah biasanya datang dari benda yang mengandung timbal dan cat. Timbal bisa ditemukan pada sumbu lilin, baterai, kaleng dan bahkan mainan. Biasanya anak terpapar timbal dari mainan. Untuk itu, Mama harus secara teliti menyeleksi mainan bagi anak yang senang memasukkan benda ke dalam mulut. Timah dapat merusak sistem syaraf pusat yang mengakibatkan sakit kepala, hiperaktif dan kehilangan nafsu makan.(Niken/Parent Map)