Makan Keju Tiap Hari Boleh Saja, tapi Ingat Porsinya!

By Dini, Kamis, 28 April 2016 | 07:00 WIB
Makan Keju Tiap Hari Boleh Saja, tapi Ingat Porsinya! (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Keju, dan makanan gurih lainnya, pasti tak jauh dari aktivitas kita sehari-hari. Di rumah, pasti Mama menyimpan keju untuk teman makan roti atau untuk campuran masakan. Di kantor, Mama juga menyimpan keripik untuk kudapan menjelang sore. Di mobil, kadang juga ada kudapan lain menemani perjalanan.

Namun, Mama perlu tahu bahwa makanan gurih tak boleh dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering. Berapa porsi yang disarankan?

Menurut Emma Brown, ahli nutrisi dari situs Nutracheck, menentukan porsi sesungguhnya sulit dilakukan. Apalagi, ukuran piring selalu meningkat karena tuntutan estetika. Karena kita mengandalkan petunjuk visual untuk mengetahui seberapa banyak kita boleh makan, akhirnya kita sulit menentukan seberapa banyak makanan yang tersaji di atas piring.

"Otak kita menipu kita untuk berpikir bahwa ada lebih banyak atau lebih sedikit makanan, tergantung dari ukuran piring. Kebiasaan menggunakan petunjuk visual untuk makan ketimbang memahami kapan sudah kenyang, memang sulit diubah," katanya.Namun, Emma memberikan bocoran mengenai batas konsumsi keju yang aman untuk sehari, juga beberapa kudapan lain seperti keripik kentang dan biskuit.

Makan Keju Tiap Hari Boleh Saja, tapi Ingat Porsinya!
KejuSebaiknya konsumsi keju dengan porsi 30 gram saja. Karena 30 gram keju saja sudah mengandung mengandung 125 kalori. Jika lebih dari itu, ditambah lagi dengan mayones atau bahan-bahan lainnya, bisa Mama bayangkan berapa kalori yang kita konsumsi secara keseluruhan.Emma mengatakan, untuk mengonsumsi kalsium dengan batas asupan harian yang direkomendasikan, Mama harus makan tiga porsi keju atau produk olahan susu lainnya dalam sehari. Namun karena ukurannya kecil, hati-hati karena Mama bisa dengan mudah makan lebih dari 100 kalori tanpa berpikir panjang.Keripik kentangSeporsi keripik kentang juga harus dibatasi 30 gram saja. Itu sekitar ukuran rata-rata kantong kecil keripik, sehingga Mama bisa tahu dengan mudah kapan harus berhenti makan (cek porsinya di label kemasan keripik).Sedangkan keripik dengan ukuran kantong besar, seporsi mengandung 153 kalori dan 7,6 gram lemak. Tetapi jika membeli keripik dengan kantong ukuran besar, sulit bukan menahan diri untuk tidak makan terlalu banyak? Karena kita biasanya tidak makan keripik setiap hari, Emma mengatakan bahwa boleh saja sesekali ngemil keripik. Batasi saja dengan membeli kantong yang kecil.

BiskuitPorsi biskuit yang disarankan untuk sekali makan adalah 14 gram. Itu ternyata ukuran yang sama dengan satu potong biskuit Bourbon, lho! Karena sepotong biskuit tersebut sudah mengandung 69 kalori.

Seperti keripik kentang, biskuit boleh saja dinikmati sesekali. Yang perlu diingat, tak perlu menghabiskan satu pak biskuit dalam sekali makan. "Kita tidak perlu membuang makanan-makanan ini sama sekali. Menolak cemilan bisa membuat kita sengsara, lho. Tetapi daripada makan dua potong biskuit sekali makan, kudap saja sepotong," tukas Emma.

Kaget dengan batas aman konsumsi keju dalam sehari? Hm... itu mungkin karena kita terbiasa ngemil dalam jumlah banyak. Kurangi saja pelan-pelan jumlah kudapan yang kita nikmati, supaya tidak berat saat melakukannya.

(Dini/The Daily Mail)