4 Langkah Mudah Untuk Membatasi Penggunaan Gadget Bagi Si Kecil

By Nana Triana, Senin, 2 November 2020 | 20:43 WIB
Ilustrasi Si Kecil sedang bermain gadget . (Dok. Shutterstock.com)

Nakita.id - Sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia, membuat masyarakat mau tidak mau mengubah perilaku dan gaya hidupnya.

Termasuk proses belajar mengajar, jika biasanya anak-anak belajar di sekolah dan melakukan beragam aktivitas dengan teman sebayanya, namun kini harus dilakukan secara virtual.

Bahkan adanya aturan physical distancing anak-anak juga tidak dianjurkan untuk bermain dengan teman-temannya di luar rumah. Akhirnya si Kecil lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget.

Penggunaan gadget ini bisa lebih lama dari biasanya, atau melebihi batas yang disarankan satu jam per hari untuk anak-anak usia dua hingga lima tahun.

Baca Juga: Jangan Lagi Dilakukan! Ternyata Mencuci Telur Bisa Datangkan Bahaya Luar Biasa Ini

Bila kebiasaan ini berlangsung secara terus-menerus bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembang si Kecil.

Dalam masa pertumbuhan, anak perlu melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan kreativitasnya. Di mana hal ini tidak akan terjadi jika anak hanya duduk bermain gadget.

Psikolog anak dari lembaga konsultasi Tiga Generasi, Marcelina Melisa mengatakan, meskipun saat ini anak dituntut menggunakan gadget dengan intensitas tinggi dalam kesehariannya.

Akan tetapi, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan orangtua untuk menstimulasi tumbuh kembang si Kecil selain menggunakan gadget.

Baca Juga: Jadikan Gadget Lebih Bermanfaat, Kenalkan Permainan Interaktif Melalui Layar Ponsel dan Televisi Ini untuk Si Kecil di Rumah

“Setidaknya ada lima aspek perkembangan anak yang harus distimulasi oleh orangtua melalui beragam aktivitas selain menggunakan gadget di antaranya aspek perkembangan Kognitif, komunikasi, motorik halus, motorik kasar, dan sosio-emosional,” kata Marcelina Melisa sebagai pemateri dalam webinar LazMall Reshopolution bersama Nakita dengan tema “Healthy Digital Technology Use For Kids: Improve Creativity at Home” Sabtu, 3 Oktober 2020.

Aspek perkembangan anak ini sangat penting, misalnya saja kognitif membuat anak mampu berpikir kritis, kreatif dan memahami sebab-akibat yang terjadi. Selain itu, motorik halus yang berkaitan dengan akademis seperti baca, tulis, dan hitung.