6 Stimulasi Sederhana Agar Batita Cerdas

By Gisela Niken, Kamis, 21 April 2016 | 07:05 WIB
6 Stimulasi Sederhana Agar Batita Cerdas (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Siapa sih yang tidak ingin punya anak yang cerdas? Anak yang aktif merupakan salah satu tanda bahwa otaknya sedang berembang. Untuk itu, Mama perlu memberikan stimulasi agar perkembangan otaknya baik dan membuat si kecil jadi cerdas. Apa yang harus Mama lakukan? Ini daftar stimulus yang bisa Mama lakukan sebagai cara agar batita cerdas.Baca juga: Ciri-ciri anak cerdas bahasa

1.Banyak bicaraKebanyakan anak mulai bicara mulai usia 1 tahun dan berkembang pesat begitu menginjak usia 2 tahun. Semakin banyak ia mengenal kata, semakin cepat pula pertumbuhan otaknya sehingga dapat membuat batita semakin cerdas. Salah satu yang bisa Mama lakukan ialah menceritakan pengalaman hari ini kepada anak. Tidak hanya itu, Mama bisa membacakan aneka buku cerita untuk mengenalkan kosakata baru padanya. Mengenal banyak kosa kata juga membantunya untuk membaca dan menulis lebih baik.

2.Mengajarkan kontrol emosiMemahami emosi dan mampu mengontrol emosi merupakan keterampilan yang penting bagi hidup seseorang. Berikan ia pengertian bahwa seseorang mungkin mengalami kekecewaan dan rasa marah. Si kecil harus memiliki rasa empati seperti membantu teman yang terjatuh atau tidak marah ketika ada teman yang tidak sengaja menumpahkan minuman di dekatnya. Luangkan waktu untuk menjelaskan kepada anak bahwa setiap yang ia lakukan memiliki konsekuensi.Baca juga: Adakah produk vitamin yang bikin anak cerdas?

3.Bermain dengan cerdasMama bisa mencoba bermain dengan permainan yang menambah pengetahuan. Cobalah mengambil beberapa gambar umum seperti gambar matahari. Jelaskan padanya bahwa matahari muncul di siang hari dan matahari punya lawannya yakni bulan. Jika belum mampu bicara, ajak si kecil bermain alat pukul dan ajak ia menirukan ritme yang Mama pukul.

4.Membuat ruang kreatifImajinasi anak perlu dituangkan untuk membuatnya cerdas. Mama hanya perlu menyiapkan salah satu sudut rumah dengan karton serta krayon. Biarkan si kecil menggambar dan menyusun sendiri ruang kreatifnya. Menggambar juga menjadi salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya. Menggambar menjadi awalan untuk kemampuan menulisnya.Baca juga: Ini lo caranya agar anak cerdas emosi

5.Beri pujian atas usahanyaMama tidak perlu memberi pujian bahwa ia cerdas. Hal ini akan membuatnya mudah puas. Mama hanya perlu memberikan pujian pada apa yang ia kerjakan. Misalnya “Lihat kamu sudah bisa membuat sebuah lingkaran.” Pujian yang fokus pada proses akan membuatnya memahami bahwa segala sesuatu harus dilalui dengan proses. Dengan begitu, ia akan menjadi seseorang pekerja keras di kemudian hari.

6.Arahkan jariCara agar batita cerdas yang terakhir ini tergolong paling mudah dilakukan. Saat melewati sebuah objek, tunjuk objek tersebut dan ucapkan nama dari objek. Selain menambah kosa kata, cara ini sangat ampuh untuk menumbuhkan interaksi antara Mama dan si kecil. Kegiatan sederhana ini juga membantu anak untuk memahami arti komunikasi. Mama bisa membawa si kecil ke tempat yang belum pernah ia datangi seperti kebun binatang.(Niken/Baby Center)