Siapa Sangka Ternyata Muncul Uban di Usia Muda Bisa Jadi Penyakit Mematikan Ini Sedang Mengintai, Apa Saja?

By Rachel Anastasia Agustina, Selasa, 10 November 2020 | 12:16 WIB
Uban di usia muda. (Freepik)

Siapa Sangka Ternyata Muncul Uban di Usia Muda Bisa Jadi Penyakit Mematikan Ini Sedang Mengintai, Apa Saja?

Nakita.id - Beberapa dari kita tentunya ingin terbebas dari rambut putih atau uban, terutama pada usia muda.

Padahal, munculnya uban sendiri merupakan hal yang normal untuk kita manusia karena bertambahnya umur.

Akan tetapi jika Moms atau Dads punya banyak uban di usia muda, sebaiknya mulai dilakukan pemeriksaan.

Karena bisa jadi itu merupakan ciri suatu penyakit. Melansir dari New York Times, rambut berubah menjadi beruban ketika sel-sel yang disebut melanosit yang ada di setiap folikel rambut rusak.

Baca Juga: Tenang Saja, Uban Dijamin Tak Akan Muncul di Usia Muda Asalkan Rutin Konsumsi 5 Makanan IniMeski rambut beruban tak selalu diindikasikan dengan penyakit, namun hal itu bisa menjadi tanda adanya penyakit autoimun, tiroid, atau jantung. "Jika Anda menderita penyakit jantung dan rambut Anda beruban, itu adalah tanda penyakit jantung yang lebih buruk," kata Dr. Kirkland direktur Pusat Robert dan Arlene Kogod tentang Penuaan di Klinik Mayo. Melansir dari CNN, rambut beruban pada usia yang lebih muda, bahkan pada anak-anak bisa jadi merupakan kondisi Alopecia areata. Dari beberapa refrensi, Alopecia areata merupakan kondisi kerontokan rambut akibat adanya gangguan autoimun.

Baca Juga: Coba Rutin Konsumsi Makanan Rumahan Ini untuk Mencegah Pertumbuhan Uban, Lihat Sendiri Hasilnya yang Menakjubkan