5 Langkah Untuk Mengubah Perilaku Buruk Pada Anak

By Gisela Niken, Kamis, 21 Juli 2016 | 06:55 WIB
5 Langkah Untuk Mengubah Perilaku Buruk Pada Anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sulit mengendalikan emosi dan tidak dapat mengungkapkan emosi dengan benar menjadi masalah yang kerap dialami oleh anak. Banyak orangtua cenderung bingung dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan untuk merespon perilaku anak. Namun, Mama perlu melakukan cara untuk mengubah perilaku buruk pada anak. Langkah ini harus dilakukan agar ia tidak lagi punya perilaku yang buruk seperti mudah marah.Baca juga: Mengatasi 5 kebiasaan makan yang buruk pada anak

1.Membuat aturan umumAnak sebenarnya melakukan berbagai hal untuk mendapatkan perhatian. Mereka butuh untuk dihargai. Oleh karena itu, Mama perlu melibatkan anak untuk membuat aturan umum. Mengabaikan perilaku buruk anak adalah hal yang lebih baik. Ada baiknya Mama tetap patuh pada aturan yang telah dibuat bersama. Hukuman dan imbalan juga perlu dilakukan sesuai dengan aturan bersama.

2.KonsistenKesalahan terbesar orangtua dalam mengubah perilaku anak adalah tidak konsisten. Kebanyakan orangtua terlalu banyak reaksi sehingga menggagalkan kebiasaan yang biasa dilakukan sehingga si kecil tak bisa melihat mana yang benar dan salah. Jangan pernah mengizinkan anak melanggar aturannya karena ia akan menganggap aturan adalah hal yang bisa dilanggar.

Baca juga:5 kebiasaan buruk yang terjadi pada anak serta solusinya3.Berikan penjelasan pada anakMama perlu menjelaskan kepada anak mengapa perilaku mereka salah dan bagaimana dampaknya. Meskipun masih di usia muda, mereka tetap perlu mengetahui alasan apa yang mereka lakukan. Tak masalah jika mereka tidak memahami secara keseluruhan, tetapi Mama akan dengan lebih mudah mengatur si kecil dan akan ada kesadaran dalam dirinya untuk bersikap lebih baik lagi.

4.Menghargai prosesPenghargaan menjadi hal yang sulit diberikan orangtua kepada anak. Padahal, cara ini menjadi cara ampuh untuk mengubah perilau buruknya. Mama bisa membuat grafik, poin atau bintang untuk menghitung perilakunya. Jangan takut jika anak melakukan kebaikan karena imbalan. Mama hanya perlu memerhitungkan jumlah hadiah. Jangan sampai justru memanjakannya.Baca juga: 5 kebiasaan buruk orangtua yang berpengaruh pada perilaku anak

5.Hindari hukuman secara fisikMenghukum secara fisik menjadi hambatan dalam mengubah perilaku buruk anak. Hal negatif ini tidak akan mengajarkan si kecil untuk berubah. Disiplin bertujuan untuk mengenalkan pada anak bahwa ada perbedaan antara perilaku baik dan buruk dan ada konseksuensi atas perilaku buruk. Hukuman fisik justru membuatnya tak memahami perilaku mana yang perlu ia ubah dan mengapa hal itu salah. (Niken/New Kids Center)