Moms, Begini Cara Aman Bawa Si Kecil untuk Imunisasi saat Pandemi

By Fathia Yasmine, Kamis, 12 November 2020 | 18:53 WIB
Ilustrasi imunisasi anak (Dok. Shutterstock)

 

Nakita.id - Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, kekhawatiran Moms pun kian bertambah ketika dihadapkan pada jadwal imunisasi si kecil. Bukan cuma harus ke luar rumah, mengunjungi fasilitas kesehatan pun dianggap cukup berisiko. 

Padahal, melakukan imunisasi rutin merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas sekaligus menjaga kesehatan tubuh si kecil. Di tengah kebutuhan dan kekhawatiran, moms pasti mulai bertanya-tanya, amankah melakukan imunisasi di tengah pandemi?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan di RS Advent Bandung dr. Wawang Setiawan Sukarya, Sp.OG(K), MARS, MH.Kes mengatakan, meski berada di tengah pandemi namun menurutnya imunisasi tetap penting.

"Betul, tetap harus imunisasi," kata dr Wawang dikutip dari Kompas.com,(17/07/2020).

Baca Juga: Jangan Lakukan Lagi! Hindari Kesalahan Saat Mencuci Tangan Ini Agar Virus Corona Tidak Tertinggal di Tangan

Dokter Wawang menjelaskan, imunisasi tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan sistem imun, tetapi juga membuat tubuh mampu mengenali jenis-jenis penyakit tertentu. Misalnya penyakit polio atau campak.

Imunisasi pun memiliki banyak jenis, mulai dari BCG, DTP, campak, Cacar air, Hepatitis BHib, flu, MMR, dan lain-lain. Pemberiannnya pun ada yang memerlukan tindakan suntik maupun oral. Untuk itu, diperlukan bantuan tenaga medis, agar tepat penggunaannya.

Tetap aman saat imunisasi

Agar Moms dan si kecil tetap aman di tengah proses imunisasi, dr Wawang menyebut, terdapat beberapa protokol yang perlu ditaati seluruh pihak.

Pertama, petugas maupun orangtua perlu memastikan kondisi fisiknya masing-masing. Pastikan Moms dan si kecil dalam keadaan sehat serta sedang tidak dalam kondisi menderita sakit ringan. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka Paling Mudah Cuma Pakai Bahan Alami Sejuta Umat Ini, Kulit Langsung Mulus!

Kedua, akan lebih baik jika moms dan si kecil menggunakan masker dan face shield selama berada di fasilitas kesehatan. Sebab, meski petugas telah di tes Covid-19, tetapi penggunaan keduanya dapat meminimalisir terjadinya perpindahan droplet dari satu orang ke orang lainnya.