Meski Risiko Anak-anak Terpapar Virus Corona Lebih Ringan, Pastikan Orangtua Ikuti Tips Berikut Ini Agar Si Kecil Terhindar dari Covid-19

By Ela Aprilia Putriningtyas, Jumat, 13 November 2020 | 11:16 WIB
Ilustrasi tips ajarkan anak menghindari penularan Covid-19. (freepik)

Meski Risiko Anak-anak Terpapar Virus Corona Lebih Ringan, Pastikan Orangtua Ikuti Tips Berikut Ini Agar Si Kecil Terhindar dari Covid-19

Nakita.id - Meski anak-anak miliki risiko yang lebih ringan terhadap virus corona tidak ada salahnya untuk tetap berlaku waspada.

Pada dasarnya baik anak-anak atau orang dewasa akan menunjukkan gejala yang hampir sama zaat terindikasi Covid-19.

Umumnya anak-anak mengalami seperti demam, pilek, dan batuk. Beberapa anak juga mengalami muntah dan diare.

Baca Juga: Selain Konsumsi Ramuan Herbal yang Sehat, Ini Rahasia Kadinkes Kaltim Sembuh dari Covid-19

Belum diketahui apakah sebagian anak mungkin berisiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi yang parah, misalnya, anak-anak dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, ajarkan anak-anak untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang dewasa.

Baca Juga: Satu Keluarga Berhasil Sembuh dari Covid-19, Kuncinya Tak Pernah Absen Cuci Tangan, Pakai Masker, dan Jaga Jarak Meskipun di Dalam Rumah

Ajarkan sejak dini pada anak untuk menjaga dan menerapkan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun setelah dan sebelum beraktivitas apapun.

Berikut tujuh cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga anak-anak tetap sehat:

1. Mencuci tangan

Membersihkan tangan sesering mungkin menggunakan sabun dan air sedikitnya selama 20 detik atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol.