Jelang Liburan Akhir Tahun, Begini Cara Aman Rayakan Kebersamaan di Tengah Pandemi

By Fathia Yasmine, Minggu, 29 November 2020 | 21:09 WIB
Ilustrasi berkumpul dengan keluarga besar (Dok. shutterstock)

Nakita.id – Menjelang liburan akhir tahun dan perayaan Natal, banyak orang mulai mempersiapkan rencana liburan maupun agenda berkumpul dengan keluarga. Apalagi, sudah delapan bulan lamanya tak bertemu keluarga besar, rasa rindu pasti sudah lama dirasakan.

Meski berkunjung ke rumah kerabat atau teman sudah bisa dilakukan. Namun tindakan pencegahan tetap perlu dilakukan, terutama jika rumah moms dijadikan destinasi berkumpul keluarga.

Lalu, bagaimana cara agar tetap aman di tengah acara keluarga? Dikutip dari laman Today, berikut tipsnya. 

Buka pintu dan jendela

Untuk menjaga agar pertemuan tetap aman, ada baiknya moms membiarkan ventilasi tetap terbuka selama pertemuan. Salah satunya dengan membuka pintu maupun jendela. Selain itu, penggunaan AC juga tidak disarankan, sebab udara kotor akan berkumpul di dalam ruangan dan terhirup oleh banyak orang.

Baca Juga: Lama Tak Bersuara, Rizki DA Mendadak Kembali Bongkar Hal Ini

Ajak keluarga untuk tetap memakai masker

Meski berada di dalam rumah, penggunaan masker tetap perlu dilakukan guna mencegah terjadinya perpindahan droplet tanpa disadari. Moms dapat mengajak keluarga untuk menggunakan masker selama agenda pertemuan, serta menyediakan masker sekali pakai untuk anggota keluarga yang tidak membawa masker.

Terapkan jaga jarak

Selain mengajak keluarga memakai masker, menerapkan aturan jaga jarak juga harus dilakukan. Tak hanya menjaga kontak fisik, menjaga jarak juga mampu mencegah penularan penyakit ringan yang mungkin saja sedang dirasakan oleh anggota keluarga.

Moms jug dapat memberikan jarak pada setiap kursi yang ada di dalam rumah, sehingga para tamu tidak duduk bersebelahan. Menginap di hotel juga lebih disarankan, ketimbang mengajak keluarga untuk menginap di rumah.

Batasi jumlah tamu

Demi menjaga kesehatan keluarga, ada baiknya moms membatasi jumlah keluarga yang hadir dalam acara, misalnya saja dengan mengundang 1-2 keluarga terdekat di satu acara, dan keluarga lainnya di waktu yang berbeda.

Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Ternyata Ini Arti Mimpi Keguguran yang Kerap Dialami oleh Wanita

Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Tak hanya tamu undangan yang diwajibkan hadir dalam kondisi sehat, moms sebagai pemilik acara pun harus memastikan keluarga di rumah dalam keadaan sehat.

Pastikan moms menjaga kesehatan sebelum mengadakan agenda pertemuan keluarga, salah satunya melalui penerapan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), sehingga agenda keluarga tetap dapat dilakukan dan berjalan lancar.

Artikel ini berdasarkan artikel yang pernah tayang di Kompas.com dengan judul: Ingin Berkumpul dengan Keluarga Saat PSBB? Begini Aturannya