Jangan Kewalahan Moms, Ini Cara Mudah Dampingi Si Kecil Belajar di Rumah

By Fathia Yasmine, Rabu, 18 November 2020 | 12:39 WIB
Ilustrasi mendampingi si kecil belajar (Dok. Shutterstock)

Nakita.id – Masih berlakunya pembelajaran jarak jauh (PJJ), tak pelak membawa kerepotan tersendiri bagi para orangtua.

Mereka yang dulu hanya mendampingi belajar di malam hari, kini harus 24 jam siap siaga mendampingi si kecil. Bukan cuma masalah pekerjaan rumah, materi yang diajarkan di sekolah pun harus diajarkan ulang agar si kecil lebih cepat paham.

Kalau sudah begini, para orangtua terutama Moms pasti kewalahan. Apalagi jika Moms adalah wanita karier. Mengelola waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan waktu belajar si kecil, tentu tak semudah membalikkan telapak tangan.

Namun, di tengah kondisi yang serba repot, Moms tetap bisa kok mendampingi si kecil, asalkan mengetahui tips dan trik yang tepat. Seperti apa? Mengutip dari Kompas.com (15/3/2020), berikut caranya. 

Baca Juga: Posisinya Sudah Resmi Tergantikan, Sebelum Meninggal Lina Jubaedah Ternyata Ngajak Sule Rujuk, Suami Nathalie Holscher: Gak Pernah Hilang Dari Pikiran Saya

Jadwalkan kegiatan di waktu yang sama

Kesulitan mendampingi si kecil kerap disebabkan oleh adanya bentrok pada jam-jam tertentu. Terutama jika Moms memiliki jadwal kerja yang padat di pagi hari, mendampingi si kecil di jam sibuk tak mungkin dilakukan.

Untuk menyiasatinya, Moms bisa menjadwalkan kegiatan belajar di waktu yang sama setiap harinya. Selain itu, menggunakan jadwal harian juga dapat dilakukan untuk mempermudah Moms dan si kecil untuk beralih dari satu aktivitas ke yang lainnya.

Buat ruang belajar khusus

Selain melalui penerapan waktu belajar, membuat ruang belajar khusus dapat membantu si kecil agar tetap fokus dalam menerima materi yang diberikan oleh Moms. Manfaatkan sudut rumah atau kamar sebagai ruang belajar si kecil, ia dapat tetap fokus ketika didampingi belajar oleh Moms.

Bereksperimen dengan metode pembelajaran di alam terbuka seperti halaman rumah, juga dapat membantu si kecil untuk terbebas dari rasa penat, dan membuatnya lebih mudah menerima materi.

Baca Juga: Lama Tak Bersuara, Rizki DA Mendadak Kembali Bongkar Hal Ini

Memanfaatkan layanan gratis

Merebaknya sistem belajar dari rumah, membuat banyak penyedia layanan pendidikan membuka kelas trial maupun kelas gratis bagi anak usia sekolah. Layanan ini bisa moms manfaatkan untuk membantu si kecil memahami pelajaran di sekolahnya.

Selain itu, Moms juga bisa mencari video belajar yang tersedia di berbagai platform berbagi video seperti Youtube, sebagai media pembelajaran tambahan. Melalui pemanfaatan layanan ini, beban moms dalam mendampingi si kecil akan terasa lebih ringan.

Beri waktu jeda

Layaknya orang dewasa, si kecil pun pasti akan merasa kewalahan jika jadwal belajar dilakukan terus menerus tanpa jeda. Oleh sebab itu, ada baiknya Moms mulai merencanakan jadwal belajar yang padat namun tetap memiliki jadwal jeda yang cukup panjang.

Memberi waktu istirahat juga dapat membuat si kecil memiliki kesempatan untuk memilih kegitatan mana yang dapat membuat mereka ceria kembali. Waktu istirahat yang cukup juga akan membantunya untuk kembali fokus ketika kembali didampingi belajar oleh moms.

Baca Juga: Nonton Video Syur Mirip Gisel Tengah Malam Hingga Singgung Soal Munafik, Nikita Mirzani: 'Gue Kan Bukan Teman Dekatnya'

Selain menggunakan tips di atas, Moms juga bisa memberi waktu libur belajar si kecil di hari-hari tertentu. Misalnya ketika menjelang akhir pekan atau ketika si kecil sedang tidak memiliki tugas.

Meski belajar mengajar masih dilakukan secara daring, moms tetap perlu membiasakan si kecil untuk menerapkan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan), terutama ketika harus bepergian keluar rumah. Melalui penerapan 3M, keluarga tetap sehat, keceriaan si kecil pun tetap terlindungi.