Wajib Tahu! Ini Saran WHO Soal Memakai Masker Bagi Anak-anak

By Yussy Maulia, Minggu, 29 November 2020 | 21:47 WIB
Anak memakai masker sebagai upaya pencegahan virus Covid-19. ()

Nakita.id – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir ini, memakai masker sudah menjadi kewajiban untuk mencegah penularan virus.

Menyikapi hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyampaikan saran terkait penggunaan masker pada anak-anak.

Pasalnya, masih banyak orangtua yang belum paham mengenai pemakaian masker pada anak mereka.

Yuk Moms, simak penjelasan yang dikutip dari laman resmi WHO ini agar lebih memahami cara melindungi si kecil dengan baik.

Baca Juga: Selalu #IngatPesanIbu untuk Pakai Masker di Ruang Publik, Begini Cara Memakai dan Melepasnya Agar Tetap Higienis

Wajibkah anak memakai masker?

Meski penggunaan masker pada anak-anak sama pentingnya bagi orang dewasa, ternyata ada batasan umur yang disarankan oleh WHO dalam mewajibkan anak memakai masker.

Anak berusia 0-5 tahun tidak diwajibkan memakai masker demi masalah keamanan. Di usia tersebut, mereka cenderung belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakan, sehingga dikhawatirkan Moms tidak tahu saat si kecil merasa sesak.

Sementara itu, anak usia 6-11 tahun mulai disarankan untuk memakai masker. Moms juga dianjurkan untuk memberi edukasi tentang pentingnya memakai masker dan menjaga jarak.

Untuk anak berusia 12 tahun ke atas, memakai masker sudah menjadi kewajiban. Mereka juga diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan sama halnya dengan orang dewasa.

Baca Juga: Bukan dengan Paksaan, Ini Beberapa Cara Terbaik Supaya Si Kecil Mau Pakai Masker, Patut Dicoba!

Anak dengan kondisi tertentu