Kemampuan Motorik Halus yang Harus Dimiliki Balita

By Dini, Jumat, 8 Juli 2016 | 00:00 WIB
Kemampuan Motorik Halus yang Harus Dimiliki Balita (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mana yang lebih penting, kemampuan motorik kasar atau motorik halus? Ternyata dua-duanya. Kemampuan motorik halus tak kalah pentingnya dengan kemampuan motorik kasar. Anak yang alami masalah pada kemampuan motorik halus akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan kekuatan otot pada tangan serta pergelangan tangan mereka.

Jangan biarkan balita Mama mengalami masalah perkembangan kemampuan motorik halus mereka. Ketahui kemampuan motorik halus yang harus dimiliki balita:

Usia 2 tahun

Mayoritas anak sudah bisa melakukan:Menumpuk lima atau lebih blok.Memutar gagang pintu.Memegang krayon atau pensil. Tapi tidak semudah saat orang dewasa melakukannya.Menggambar garis horizontal.Menyedot air dari sedotan.Memegang sendiri peralatan makan. Tapi belum seperti cara orang dewasa.Mencopot sepatu dan kaus kaki sendiri.

Mungkin juga sudah bisa:Membuka baju sendiri (tanpa kancing) dan diaper.Mencoret-coret.Menggosok gigi (dengan bantuan).Mencuci tangan.

Usia 3 tahun

Mayoritas anak sudah bisa melakukan:Menumpuk sembilan atau sepuluh blok.Mampu mencopot seluruh pakaian sendiri. Tapi masih butuh bantuan untuk mengenakannya.Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri.Makan sendiri.Menggambar bentuk bulat kasar dan tanda silang.Mengerjakan puzzle dengan potongan besar.Menggunakan gunting tumpul.Menuangkan air dari botol (masih tumpahan).Membuat rangkaian mote ukuran besar.Menggosok gigi (dengan bantuan)

Mungkin juga sudah bisa:Mengancingkan baju dengan kancing ukuran besar.Memotong garis lurus dengan gunting tumpul.Makan menggunakan sendok tanpa tumpah.

Usia 4 tahun

Mayoritas anak sudah bisa melakukan:Mampu mengenakan dan mencopot baju sendiri. Tapi belum bisa mengunci resleting sendiri.Menggosok gigi tanpa bantuan.Menggambar bentuk sederhana secara kasar ketika diminta.Membangun susunan blok secara vertikal dan horizontal.Memotong sekitar gambar dengan gunting.Melipat lap menjadi segitiga atau persegi panjang.

Mungkin juga sudah bisa:Mandi sendiri tanpa dampingan.Pergi ke toilet sendiri.Mulai menuliskan huruf-huruf dari nama mereka.

(AA)