Moms, Memakai Masker Meski di Rumah Tidak Lebay Jika Punya Kondisi Ini

By Nana Triana, Senin, 30 November 2020 | 14:47 WIB
Ilustrasi memakai masker (Freepik.com)

Nakita.id – Mengenakan masker adalah salah satu dari tiga pilar dalam protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Mengingat masa pandemi belum usai, penggunaan masker begitu penting karena dapat mencegah droplet terhirup masuk ke saluran pernapasan.

Meski demikian, tempat dan kondisi penggunaan masker kerap menjadi perdebatan. Saat ini seperti diketahui penyakit Covid-19 terus berkembang. Mulai dari klaster tempat umum seperti pusat perbelanjaan dan perkantoran, kini ada klaster keluarga.

Seiring dengan diberlakukaannya transisi menuju masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, ada Moms dan Dads yang sesekali harus bekerja di kantor sesuai sif. Risiko membawa masuk virus ke dalam rumah pun timbul. Akhirnya, ada pertanyaan, apakah perlu di rumah juga memakai masker?

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Saran WHO Soal Memakai Masker Bagi Anak-anak

Spesialis penyakit menular dari Cleveland Clinic, Donald Dumford, seperti dilansir dari Kompas.com (26/11/2020) mengatakan, penggunaan masker di dalam rumah bisa dilakukan jika memiliki kondisi tertentu.

Ia mengatakan kondisi itu adalah saat ada anggota keluarga sakit. Baik si sakit maupun anggota keluarga yang sehat harus mengenakan masker.

“Tak ada salahnya mengambil langkah aman. Memakai masker dapat menjadi tindakan pencegahan. Entah apapun penyakit yang dialami anggota keluarga, sebaiknya kenakan masker,” ujar Dumford.

Ia pun mengatakan jika mengalami gejala yang meliputi gangguan pernapasan, sebaiknya anggota keluarga yang sakit langsung mengambil langkah preventif dengan isolasi mandiri. Jika gejala semakin parah, sebelum dapat kepastian hasil tes swab, isolasi mandiri harus terus berlanjut dan anggota keluarga yang merawat tetap mengenakan masker.

Baca Juga: Keseringan Pakai Masker di Tengah Pandemi Covid-19 Bikin Kulit Wajah Kering? Tak Perlu Panik, Begini Cara Mudah dan Alami untuk Mengatasinya

Pendapat Dumford ini diperkuat oleh riset dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat. Riset dilakukan dengan meneliti 124 rumah tangga di Beijing.

Hasil analisis data menunjukkan, penggunaan masker di dalam lingkungan keluarga membantu meminimalisasi penularan sekunder dan risiko penularan dari anggota keluarga yang asimtomatik (OTG).

Selama pandemi belum usai Moms, Dads, dan si kecil juga wajib mengingat protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Terlebih, ketika sedang bepergian ke luar rumah. 

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com dengan judul “Cegah Covid-19, Perlukah Pakai Masker saat Berada di Rumah?"