Wajib Tahu Moms, Masker Kain Juga Ada Masanya untuk Diganti

By Sheila Respati, Senin, 30 November 2020 | 18:56 WIB
Masker kain ada masa kadaluarsa, jika sudah seperti berikut ini wajib dibuang. ()

Nakita.idMasker merupakan perlengkapan penting yang harus selalu digunakan, terutama ketika beraktivitas di luar rumah, selama masa pandemi Covid-19. Ada dua pilihan masker yang dapat digunakan yaitu masker medis dan masker kain nonmedis.

Masker medis baik yang perjenis 3 ply ataupun N95 dinilai lebih efektif untuk mencegah droplets masuk ke saluran pernapasan. Namun, mengingat sifatnya yang sekali pakai dan harganya yang lumayan mahal, Moms dan anggota keluarga pun seringkali menyelinginya dengan penggunaan masker kain.

Moms beranggapan, masker kain lebih tahan lama karena dapat dicuci dan digunakan kembali. Selain itu, tidak perlu sering-sering ganti.

Eits, tunggu dulu. Baru-baru ini ditemukan bahwa masker kain nonmedis pun punya usia pakai. Sebab, ketika dicuci partikel kain juga dapat terkikis sehingga efektivitasnya melindungi saluran pernapasan semakin lama akan berkurang.

Apalagi kalau selama ini Moms mencucinya dengan cara merendam di air panas dan menggunakan deterjen antibakteri.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Peneliti Sebutkan Bahan Masker Kain yang Seperti Ini Paling Bagus untuk Lindungi Diri dari Covid-19

Mengutip dari Kompas.com (29/11/2020), ada tanda-tanda bagaimana masker kain sudah harus diganti. Pertama, karet pengait masker dengan telinga (earloop) sudah kendur. Menggunakan masker dengan earloop kendur berbahaya karena daya tutupnya kurang sempurna. Droplets bisa masuk lewat sela-sela yang terbuka.

Selain itu, kain pembuatnya sudah terasa tipis atau rapuh. Coba terawang ke cahaya, jika Moms dapat melihat titik cahaya dengan jelas, tandanya kain sudah akan sobek. Tanda-tanda ini biasanya dapat ditemukan usai beberapa kali proses cuci pakai.

Oh iya Moms, mengingat musim hujan sudah tiba, ada baiknya cara menjemur masker pun diperhatikan. Jangan sampai masker tidak kering sempurna. Selain tidak nyaman karena berbau, masker yang tidak kering sempurna malah jadi sumber bakteri.

Selain memiliki cadangan masker dan menggunakannya secara disiplin, Moms juga wajib rajin mencuci tangan dan menjaga jarak aman saat berada di tempat umum. Karena ketiganya merupakan bagian dari protokol penting pencegahan penularan Covid-19 yaitu 3M.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cermati, Waktu Tepat Ganti Masker demi Cegah Infeksi Covid-19"