Ini Caranya Mengubah Junk Food Menjadi Menu Sehat dan Enak Untuk Anak

By Gisela Niken, Senin, 4 Juli 2016 | 03:50 WIB
Ini Caranya Mengubah Junk Food Menjadi Menu Sehat dan Enak Untuk Anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyaknya makanan enak membuat si kecil lebih gemar mengonsumsi makanan yang digoreng dan berlemak. Tentu sulit bagi Mama untuk mengubah makanan kesukaannya. Tetapi, jangan khawatir ya Mam. Ada berbagai cara yang bisa Mama lakukan agar makanan yang ia sukai tetap sehat. Berikut aneka menu sehat dan enak untuk anak yang bisa Mama praktekkan sendiri di rumah.Baca juga: Ini cara agar anak terbiasa makan sehat

1.Kentang gorengSetiap anak pasti suka kentang goreng. Untuk membuatnya tetap senang dan memenuhi kebutuhan gizinya, Mama bisa membuat kentang goreng sendiri di rumah. Jangan kupas kulit kentang sebab kulitnya mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Lebih baik panggang kentang untuk meminamalisir minyak. Cara ini akan membuat kentang lebih banyak mengandung vitamin A, serat, vitamin C, zat besi serta kalsium.

2.Mac & cheeseSiapa yang tak senang dengan masakan pasta yang dicampur dengan keju? Mama bisa mengganti pasta dengan makaroni gandum. Saus yang digunakan untuk pasta ini juga bisa dibuat lebih sehat lo. Lelehkan keju dan campur dengan susu rendah lemak dan mentega.  Selain itu, Mama bisa mencampurnya dengan kembang kol atau sayuran lain yang telah dicincang. Campurkan jadi satu dan siap menjadi bumbu pasta yang lezat.Baca juga: Biar anak engga sulit makan, yuk atur pola makannya!

3.SpagetiMakanan khas Eropa ini tentu disukai setiap anak. Mama bisa membuat saus spageti yang lebih sehat lo. Mama bisa menggunakan sayur dengan warna mirip saus spageti seperti labu, wortel atau brokoli. Mama juga bisa mencampurnya dengan tahu dan tomat. Pilih daging sapi tanpa lemak untuk tambahan. Mama juga bisa memarut papriak dan wortel di atas spageti yang telah disajikan.

4.Roti bakarSaat memilih roti yang dikonsumsi anak, pastikan Mama memberinya roti gandum. Roti dengan tepung biasa akan membuatnya mengonsumsi gula berlebihan. Mama bisa mengolah apel, pisang dan susu menjadi satu adonan seperti selai. Mama bisa memanggangnya dan jangan lupa beri potongan buah di atasnya.Baca juga: Menu makan sehat untuk anak sesuai jam makannya

5.MilkshakeMama bisa mengganti es krim dengan susu dan yogurt beku. Campur keduanya dan berikan potongan buah. Mencampur berbagai buah juga akan membuat milkshake mengandung tinggi kalsium serta Vitamin D. Menu sehat dan enak untuk anak ini bisa jadi alternatif camilan yang sehat untuk si kecil. Jadi, tak perlu takut kandungan gula yang tinggi dalam milkshake.

(Niken/What To Expect)