Aturan Mengonsumsi Pil KB, Jangan Telat Supaya Efektivitasnya Terasa

By Fathia Yasmine, Jumat, 4 Desember 2020 | 10:05 WIB
Ilustrasi pil KB (Shutterstock)

Nakita.id - Ketika memilih pil KB sebagai kontrasepsi pilihan, diperlukan kedisiplinan bagi para moms untuk mengonsumsinya secara teratur.

Hal ini bertujuan agar efektivitas pil KB dapat terus terjaga, terutama bagi pasangan yang belum ingin menambah momongan dalam waktu dekat.

Penting diketahui, pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi paling efektif untuk mencegah kehamilan.

Menurut Centers for Desease Control and Prevention (CDC), keakuratan pil KB hampir mencapai 99,7 persen dengan pemakaian yang benar sesuai arahan. 

 Baca Juga: Moms Tinggal di Zona Merah Covid-19? Contek Cara Mencegah Penularan Virus Corona dengan 7 Langkah Super Mudah Ini

Sebaliknya, pemakaian yang tidak teratur atau terlambat dapat mengurangi efektivitas obat tersebut.

Maka itu,  penting bagi moms untuk mengetahui aturan konsumsi yang benar sekaligus memahami berbagai faktor yang dapat menyebabkan kegagalan pada pil KB supaya kehamilan tak direncanakan dapat dicegah sejak awal.

Pahami jenis pil KB yang digunakan

Sebelum mulai mengonsumsi pil, moms perlu mengetahui terlebih dulu jenis dosis yang digunakan. terdapat dua jenis dosis pada pil KB, yaitu paket 28 hari dan 21 hari.

Paket 28 hari terdiri atas 21 pil hormon dan 7 pil kosong (plasebo), sedangkan paket 21 hari seluruhnya berisi hormon.

Biasanya, paket 28 hari cenderung lebih banyak dipilih perempuan, karena dapat mencegah lupa dan membentuk rutinitas setiap hari

Baca Juga: Kasus Dugaan Video Syur Saja Belum Usai, Gisella Anastasia Mendadak Bongkar Kondisi Gempita Hingga Banjir Komentar