Trik Mengatasi Anak Yang Cengeng

By Gisela Niken, Jumat, 1 Juli 2016 | 05:20 WIB
Trik Mengatasi Anak Yang Cengeng (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Dikit-dikit menangis dengan alasan tidak penting. Itulah yang mungkin Mama rasakan terhadap si kecil. Hal ini menjadi tanda anak yang sensitif. Mama perlu menerapkan pola asuh yang tepat pada anak yang cengeng. Jika tidak tepat, si kecil akan cenderung tertutup dan tidak bisa menyelesaikan kebiasaan buruknya tersebut. Untuk itu, Mama perlu melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi anak yang cengeng.Baca juga: Pola asuh ini dapat mengatasi anak yang cengeng

Tahap pertama yang perlu Mama lakukan adalah menerima kondisi di mana anak memang punya perasaan yang sensitif. Justru, mereka mencoba mengungkapkannya pada Mama dan Papa sebagai pencari perlindungan. Mama dan Papa malah jangan menertawai anak dengan kondisi perasaannya.  Anak yang sensitif cenderung tidak mudah punya teman. Untuk itu, pola asuh yang menerima keadaan anak sangat dibutuhkan.Baca juga: Jangan beri label anak cengeng

Kepercayaan menjadi hal yang penting bagi anak yang cengeng. Anak yang cengeng dan sensitif sangat sulit menaruh kepercayaan pada orang lain dan kurang percaya akan dirinya sendiri. Mama perlu melibatkan anak dalam setiap keputusan misalnya menentukan destinasi liburan. Tanggung jawab kecil akan membuat anak jauh lebih berani menghadapi berbagai situasi dan kondisi. Kedekatan Mama dan si kecil juga membuat anak percaya pada Mama.

Selain itu, Mama juga perlu memahami bahwa sensitif atau cengeng adalah karakter yang ia punya. Menghilangkannya tentu sulit. Namun, Mama bisa memintanya untuk mengatur emosi. Misalnya latih ia untuk berpikir positif dengan cara jangan membiasakan anak untuk tidak takut mencoba sesuatu yang ada di sekitarnya. Saat meminta anak untuk tidur di kamar sendiri misalnya jangan menakut-nakutinya dengan hal buruk di kamar.Baca juga: Bayi perempuan lebih cengeng, bener engga sih?

Mengatasi anak yang cengeng memang butuh kesabaran lebih. Mama juga perlu mengetahui hal apa yang sangat membuatnya sensitif. Usahakan hindari hal tersebut dan jangan gunakan kata kasar saat berbicara padanya. Bersikap disiplin pada anak cengeng harus didahului dengan rasa kasih sayang. Mama tetap bisa disiplin pada anak cengeng namun jangan sampai anak merasa Mama membencinya.(Niken/Boldsky)