Stimulus Yang Dibutuhkan Agar Anak Lancar Bicara

By Gisela Niken, Selasa, 28 Juni 2016 | 04:35 WIB
Stimulus Yang Dibutuhkan Agar Anak Lancar Bicara (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Memasuki usia balita, anak mulai merangkai aneka kata-kata untuk bicara dengan kalimat lengkap. Pada usia 3 tahun biasanya anak memiliki 300 hingga 500 kata. Sementara untuk usia 4 tahun biasanya anak bisa mengucapkan 1.500 kata. Meski bertumbuh cukup pesat, terdapat berbagai masalah bicara pada anak yang mungkin saja terjadi. Mama bisa membantunya untuk mengatasi masalah tersebut agar menjadi cara agar anak lancar bicara.Baca juga: Kapan anak lancar berbicara?

Salah pengucapanAnak pada usia ini sangat rentan menghilangkan kata dalam huruf atau mengganti huruf dengan huruf lainnya. Misalnya kata “kakak” menjadi “akak”. Hal ini sebenarnya normal terjadi karena ada beberapa kata yang memang sulit diucapkan karena letak huruf konsonan atau huruf yang memang sulit diucapkan seperti huruf "R". Biasanya anak baru bisa mengucapkan seluruh kata dengan sempurna setelah berusia 5 tahun.

Untuk mengatasi kesalahan pengucapan ini, Mama harus segera membenarkan kata tersebut. Jangan malah membenarkan atau menggunakan kata tersebut di percakapan sehari-hari. Jika masih kesulitan menyebutkan satu kata utuh, Mama bisa membantu mengucapkan per suku kata. Menjadi contoh yang baik dalam berkata-kata akan membantu anak memahami pengucapan yang benar.Baca juga: Ini cara agar anak lancar berbicara 

Mengoceh dengan kalimat tidak beraturanMasalah bicara lain adalah susunan kata yang tidak beraturan. Pada usia 3 hingga 4 tahun, otak anak mulai memikirkan berbagai kata dan butuh waktu untuk menyusun kata tersebut jadi kalimat lengkap. Pada titik ini, biasanya anak akan senang mengoceh tanpa memedulikan susunan kata yang benar. Cara mudah untuk mengatasi ini adalah menjadi contoh bagaimana cara mengucapkan sebuah kalimat yang lengkap dan benar.

Bicara gagapBicara gagap baisanya terjadi karena ada banyak kata-kata yang dipikirkan olehnya sehingga sulit untuk mengucapkannya. Anak yang terlalu bersemangat seperti terlalu marah atau senang biasanya sulit mengucapkan apa yang ia pikirkan. Saat menanggapi anak yang berbicara gagap, jaga suara lembut dan santai.  Hal ini akan memberikan stimulus pada anak untuk mengatakan sesuatu dengan jelas dan lebih perlahan.Baca juga: 6 cara agar anak lancar bicara

Aneka masalah bicara pada anak memang normal terjadi. Namun, ada baiknya sejak sekarang Mama mencari cara agar anak lancar bicara. Jangan sampai anak masih mengalami gangguan bicara ketika masuk ke sekolah dasar. Membuat anak lancar berbicara juga membantu si kecil meningkatkan kecerdasan otaknya.

(Niken/Web MD)